Yuk, Manfaatkan Layanan Tambahan BPJS! Ada Program untuk Perumahan Nih

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sebagai pekerja, tentunya kamu memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Tetapi, tahukah kamu kalau BPJS Ketenagakerjaan memiliki sederetan Manfaat Layanan Tambahan (MLT)?

Sejumlah manfaat telah dirilis sejak beberapa waktu lalu. Ada yang terkait dengan perumahan yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP).

Baca juga: Edukasi Properti Mesti Bidik Segmen yang Tepat

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja memaparkan kepada Rumah123 mengenai tujuan dari MLT ini.

“Pertama, bagaimana kita memberikan manfaat di luar perlindungan pekerja produktif. Kedua, kita mengharapkan pekerja menjadi lebih tertarik untuk ikut kepesertaan BPJS,” ujar Utoh kepada Rumah123 di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan (08/05/2017).

Baca juga: Orang Super Kaya Dunia Melirik Australia untuk Investasi Properti

“Ketiga, terkait dana JHT (Jaminan Hari Tua), kita ingin memberikan stimulus agar pekerja tidak mencairkan JHT-nya. Kalau mereka resign, mau beralih dari pekerja formal ke informal, manfaat perumahan ini bisa hilang,” lanjut Utoh.

Utoh melanjutkan kalau BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan upaya untuk memperbanyak layanan selain program jaminan hari tua, pensiun, kecelakaan kerja, dan kematian yang baru bisa memiliki manfaat ketika peserta mengalami risiko.

Baca juga: Rumah123: Perlambatan Market Properti Sudah Berakhir

Peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memanfaatkan banyaknya layanan ini. Sementara pekerja yang belum ikut, bisa tertarik untuk bergabung.

Utoh juga menyarankan agar peserta yang berhenti bekerja tidak mencairkan JHT lantaran fasilitas MLT terkait perumahan. Fasilitan ini mengambil dana dari JHT sehingga kalau dicairkan, peserta akan kehilangan manfaatnya.

Baca juga: Punya Land Bank di Lokasi Strategis, Trans Property Bangun Proyek Pertama

Layanan tambahan KPR. PUMP, dan PRP ini memberikan bunga yang kompetitif yaitu suku bunga acuan BI Repo Rate plus 3 persen.

Untuk jangka waktu kredit bervariasi. KPR berjangka waktu 20 tahun, PUMP 15 tahun, sedangkan PRP berdurasi 5 tahun.

Baca juga: Direktur Trans Park Cibubur: Kesan Pertama Harus Menggoda

Bagi yang ingin mengajukan, persyaratannya pun mudah sekali yaitu sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selama minimal satu tahun dan tertib administrasi pembayaran.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me