Unik Nih, Pohon Raksasa Sequoias Didesain Jadi Bangunan Menara!

Big Banner
Pohon Sequoias yang dirancang oleh arsitek asal Korea Selatan jadi bangunan menara. Foto: Rumah123/DeZeen

Dalam kompetisi eVolo yang diadakan akhir April lalu, para arsitek yang hadir berlomba menunjukkan rancangan visioner mereka. Kali ini temanya “Menara Futuristik”.

Peserta yang mengikuti dan memberikan kesan menarik berasal dari Korea Selatan, Ko Jinhyeuk, Cheong Changwon, Cho Kyuhung, dan Choi Sunwoong.

Baca juga: DESAIN SCANDINAVIAN YANG BIKIN SILK TOWN NYAMAN

Mereka mendesain sebuah menara dengan obyek Pohon Sequoias tertua khas dari pegunungan Sierra Nevada, California. Dinamakan Tribute, ketiga arsitek ini membayangkan bangunan dibangun dalam batang kosong Pohon Sequoias tersebut.

Sequoias adalah pohon tunggal terbesar di dunia, dengan ketinggian rata-rata 50-85 meter dengan diameter 6-8 meter. Diyakini pohon-pohon itu memiliki usia lebih dari 3.000 tahun.

Baca juga: Keluar dari Pakem, Arsitek Richard Meier Desain Bangunan dengan Fasad Hitam

“Proyek ini mencoba untuk menunjukkan pendekatan arsitektur baru terhadap koeksistensi manusia dengan alam, selaras dengan temporalitas alam,” ujar ketiga arsitek tersebut.

Ketimbang ditebang, ketiga arsitek ini memanfaatkan pohon yang busuk dan dibuat dengan serangkaian fondasi. Di dalamnya terdapat ruang pendidikan, laboratorium, pameran, dan dek observasi. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me