Buat Para Pekerja, Manfaatkan Dong KPR dari BPJS

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Banyak Manfaat Layanan Tambahan (MLT) BPJS Ketenagakerjaan terkait perumahan yang bisa digunakan oleh para pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan telah merilis program perumahan mulai dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), hingga Pinjaman Renovasi Perumahan.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Layanan Tambahan BPJS! Ada Program untuk Perumahan Nih

Bagi pekerja yang belum memiliki rumah, mereka bisa memanfaatkan PUMP dan KPR. BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi para pekerja yang ingin memanfaatkan KPR.

“Pekerja bisa dapat tiga fasilitas. Pertama, KPR. KPR dibagi dua, subsidi dan non subsidi. Yang non MBR, kita juga ada KPR juga. Tapi kita nggak ikutkan skema FLPP,” ujar Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja kepada Rumah123 di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Soal Perumahan, Ternyata BPJS Punya Layanan Komprehensif!

BPJS Ketenagakerjaan memberikan tingkat suku bunga yang kompetitif untuk KPR ini yaitu BI Repo Rate plus 3 persen atau 7,75 persen. Sejak April 2017, BI Repo Rate ditetapkan sebesar 4,75 persen. Sementara untuk jangka waktu pemberian KPR ini maksimum 20 tahun.

Utoh melanjutkan ada sejumlah perbedaan KPR untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan non MBR.

Baca juga: Mau DP, KPR, dan Renovasi Rumah? Gampang, Ada BPJS Ketenagakerjaan Lho

Untuk MBR, pemberian KPR bisa mencapai 99 persen dari harga rumah. KPR untuk MBR ini ditetapkan untuk harga rumah maksimal seharga Rp140 juta. Menurut Utoh, hal ini terkait dengan regulasi pemerintah.

Sementara, untuk non MBR, pembiayaan KPR mencapai 95 persen dari harga rumah. Harga maksimal rumah yang bisa dicicil melalui skema ini adalah Rp500 juta. Utoh menyatakan kalau memang ada perbedaan terkait kemampuan membayar.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me