Wah, Mudahnya Developer Dapatkan Kredit Konstruksi dari BPJS

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Kabar gembira bagi kamu yang sedang mencoba merintis bisnis perusahaan pengembang atau sudah menjadi developer terutama yang mengembangkan perumahan bagi pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan bersiap untuk mengucurkan dana lewat program Kredit Konstruksi untuk membantu developer dalam pemenuhan kebutuhan perumahan pekerja.

Baca juga: Punya Land Bank di Lokasi Strategis, Trans Property Bangun Proyek Pertama

Lembaga sosial yang mengelola asuransi sosial bagi para pekerja ini memang membantu pasokan dan permintaan terkait perumahan. Untuk program terkait perumahan ini, BPJS siap untuk mengucurkan dana hingga Rp5 triliun.

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja mengutarakan hal ini kepada Rumah123 di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pengen Gunakan Manfaat Layanan Tambahan BPJS? Jangan Cairkan JHT!

Utoh melanjutkan kredit konstruksi ini memberikan suku bunga yang terbilang rendah yaitu BI Repo Rate plus 4 persen. Artinya bunga yang dibebankan hanya 8,75 persen. Perusahaan pengembang pun mendapatkan kemudahan persyaratan untuk mendapatkannya.

“Persyaratannya perusahaan harus aktif, tertib iuran, standarnya karena kita melihat juga iuran BPJS Ketenagakerjaannya,” ujar Utoh.

Baca juga: Soal Perumahan, Ternyata BPJS Punya Layanan Komprehensif!

Utoh memaparkan BPJS Ketenagakerjaan akan melihat tertib administrasi perusahaan yang bersangkutan dalam administrasi pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan para pekerjanya.

“Untuk jangka waktunya 5 tahun. Besar dananya sesuai dengan analisis dari bagian kredit perbankannya,” kata Utoh lagi.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Layanan Tambahan BPJS! Ada Program untuk Perumahan Nih

Utoh menyatakan jangka waktu kredit mencapai 5 tahun. Sementara untuk besaran dana dan juga disetujui atau tidaknya pemberian kredit konstruksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab perbankan dalam hal ini BTN yang menjadi mitra kerja.

BPJS Ketenagakerjaan hanya memberikan penilaian dari tertib administrasi perusahaan pengembang dalam membayar iuran BPJS untuk karyawannya.

Baca juga: Mau DP, KPR, dan Renovasi Rumah? Gampang, Ada BPJS Ketenagakerjaan Lho

Perusahaan pengembang yang ingin mengajukan kredit konstruksi tidak dibatasi apakah tergolong kecil, menengah, atau besar. Menurut Utoh, yang terpenting adalah lolos administrasi oleh BPJS dan BTN.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me