Adu Sempit Yuk! Rumah Kamu atau Mereka?

Big Banner
Beginilah aktivitas Li Suet-wen, ibu dengan dua anak di apartemen beurukuran tak lebih dari 11 meter persegi yang disewa dengan biaya sebesar Rp8 juta. Foto. AP Photo/Kin Cheung

Tempat tinggal kamu tak layak? Jangan dulu mengklaim apapun sebelum membaca artikel ini secara tuntas.

Hong Kong, negara tujuan bagi kebanyakan traveller ini ternyata menyimpan kisah pelik dunia properti di balik nama besarnya sebagai surga belanja. Di antara menjulangnya gedung-gedung tinggi di negara tersebut, tak sedikit warganya yang masih tinggal di tempat kurang layak.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Bantu Rp500 Juta untuk Uang Muka Rumah Non-MBR

Adalah Li Suet-wen, ibu dua anak ini sehari-harinya menempati cubicle homes, ruangan berbentuk kubus berukuran sekitar 11 meter persegi. Rumah dengan kamar tidur dan ruang keluarga di mana kedua buah hatinya bisa belajar serta bermain hanya mimpi bagi Li.

Hunian yang jauh dari angannya itu merupakan satu bagian apartemen yang sudah disekat menjadi lima bagian. Tempat tidur, sofa kecil, kulkas, mesin cuci, dan sebuah meja mungil menemani keluarga Li di dalam apartemen tersebut.

Kedua buah hatinya yang masih berusia 6 dan 8 tahun pun kerap menanyakan mengapa mereka masih terus tinggal di tempat tersebut. “Saya jelaskan bahwa kami harus bertahan Karena saya tak punya uang,” ujar Li seperti dilansir dari Daily Mail.

Baca juga: Buat Para Pekerja, Manfaatkan Dong KPR dari BPJS

Meski berukuran “mungil”, apartemen tersebut tetap menguras kantong Li. Setiap bulan, Li harus membayar sewa sebesar US$580 atau sekitar Rp7,5 juta. Itu belum termasuk biaya printilan layaknya tinggal di apartemen.

Jumlah tersebut melebihi 50 persen penghasilan bulanan yang didapat Li dari toko kue tempatnya bekerja. Mempertimbangkan biaya hidup Li, jelas ia tak punya pilihan tempat tinggal lain. “Anak saya bahkan tak punya tempat untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolahnya.”

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me