Pekerja Informal Bisa Manfaatkan Layanan Tambahan Perumahan dari BPJS Lho!

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Beberapa waktu lalu, Rumah123 sempat mewawancarai Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Utoh memaparkan berbagai manfaat layanan tambahan (MLT) terkait perumahan yang bisa digunakan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Buat Para Pekerja, Manfaatkan Dong KPR dari BPJS

Ada empat manfaat yang terkait perumahan, tiga di antaranya diperuntukkan bagi pekerja yaitu Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP).

Utoh menyatakan kalau manfaat ini bisa juga digunakan oleh pekerja informal. Namun, ada persyaratan yang harus diikuti. “Informal dan formal itu bisa, nggak dibatasi. Syaratnya bankable dulu lah,” ujar Utoh.

Baca juga: Kredit Konstruksi BPJS Diharapkan Bisa Penuhi Pasokan Perumahan Pekerja

Utoh menjelaskan kalau pekerja formal wajib mengikuti empat program yaitu jaminan pensiun, jaminan hari tua, kematian, dan kecelakaan kerja.

Sementara pekerja informal yang bukan tergolong penerima upah memang hanya mengikuti program jaminan kematian dan kecelakaan kerja.

Baca juga: Kesulitan DP Rumah Subsidi? Kan Ada PUMP dari BPJS

“Mereka harus ikut jaminan hari tua, untuk ikut fasilitas perumahan ini. Harus ikut jaminan hari tua karena sumber dana memang dari JHT,” kata Utoh.

Manfaat layanan tambahan BPJS Ketenagakerjaan berupa Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP) ini memberikan kemudahan bagi para pekerja untuk memiliki rumah atu merenovasi rumah.

Baca juga: Ternyata Ga Sulit Kok Dapatkan KPR dari BPJS, Begini Caranya!

Tiga program ini hanya memiliki suku bunga yang rendah yaitu BI Repo Rate plus 3 persen.

Saat ini, BI Repo Rate adalah 4,75 persen yang ditetapkan sejak April 2017. Jadi bunga yang dibebankan hanya 7,75 persen.

Baca juga: Kesulitan DP Rumah Subsidi? Kan Ada PUMP dari BPJS

Untuk jangka waktu, tiga program ini memiliki jangka waktu berbeda. KPR berjangka waktu 20 tahun, PUMP 15 tahun, dan PRP 10 tahun.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me