Ruang Berbentuk Telur Emas di Kiruna Swedia Ternyata Tempat Sauna

Big Banner
Foto: DeZeen/Jean-Baptiste Béranger.

Bigert & Bergström membangun sauna berbentuk telur emas untuk orang-orang Kiruna. Ruang sauna ini dibangun sebagai tempat pertemuan bagi penghuni.

Terletak 145 kilometer sebelah utara Lingkaran Arktik di Laplandia Swedia, sauna telur ini merupakan referensi iklim dengan lingkungan bersalju.

Baca juga: Bangunan Modular di Atap Sebuah Gedung di New York Jadi Solusi Hunian Warga

“Ketika Riksbyggen meminta kami untuk menafsirkan Kiruna, kami merasa wajar untuk menjelajahi ruang yang menyatukan dan mendorong percakapan,” kata sang arsitek, Bigert, seperti dikutip dari DeZeen.

Telur solar ini dilapisi cermin emas dengan ketinggian 5 meter. Terdiri atas 69 lembar cermin berbahan baja stainless berlapis emas yang menyatu membentuk oval multifaset. Di dalamnya terdapat pola pinus mengelilingi penghangat buatan, terbungkus dalam sangkar besi berbentuk jantung.

Baca juga: Desainer Ini Memanfaatkan Ruang Sisa Lahan Jadi Rumah Prototipe yang Fleksibel

Penghangat tersebut lapisannya diselubungi batu besar untuk menciptakan suhu panas 75-85 derajat celcius. Sang arsitek juga membuat pintu tangga seperti pesawat sebagai media keluar-masuk ke dalam sauna telur itu.

Sembari menghangatkan tubuh, pengunjung bisa duduk di bangku yang didesain layaknya sauna. Terbuat dari material kayu aspen dan bisa memuat 8 orang.

“Sauna adalah tempat sakral di mana kamu bisa mendiskusikan berbagai hal. Dari yang besar sampai yang kecil,” ujarnya. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me