Thailand Akan Gelar Pameran Smart City

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Penerapan smart city kian menjadi  kebutuhan kota-kota dunia karena penggunaan dan pengelolaan energi yang lebih efisien. Thailand’s Provincial Electricity Authority (PEA) melakukan kick off 1st International Roadshow on Smart Technology for Smart City Safe City di Indonesia.

Thailand-Lighthing-Fair-2017-184

Roadshow ini sendiri dirancang untuk memperbaharui sektor publik dan swasta mengenai tren dan teknologi efisiensi energi ASEAN dan memberikan pengetahuan mengenai smart technology khususnya di bidang pencahayaan (lighting), otomatisasi bangunan hingga keamanan. Penerapannya pada penekanan penghematan energi dan penggunaan listrik untuk roadmap smart city di Indonesia pada tahun 2025.

Roadshow ini juga menyelenggarakan diskusi panel hingga pameran yang diselenggarakan PEA untuk mempromosikan Thailand Lighting Fair 2017 yang akan berlangsung 16-18 November 2017 di Thailand. Selain teknologi lighting, pada ajang ini juga akan disediakan zona teknologi bangunan dengan mengikuti tren lampu+bangunan kelas dunia yang berbarengan dengan kegiatan Secutech Thailand 2017 yang mengusung tema Smart City Safe City.

Siribhusaya Ungphakorn, Konselor Menteri (Komersial) Kantor Urusan Komersial, Kedutaan Besar Thailand Raya mengatakan, Pemerintah Kerajaan Thailand mengalokasikan investasi mencapai 27,9 miliar Baht untuk ajang ini. beberapa fokus yang akan menjadi  penekanan yaitu perdagangan, kewirausahaan, inovasi, dan konten khususnya pada sektor energi dan lighting.

“Revolusi digital dan pertumbuhan penduduk perkotaan telah menjadikan Asia Tenggara sebagai pasar yang sangat penting bagi energi global dan terus meningkat pesat. Efisiensi energi menjadi isu kerja sama regional yang penting untuk menyeimbangkan energi, ekonomi, sehingga kebijakan lingkungan dan smart lighting menjadi solusi,” ujarnya saat memulai roadshow di Jakarta, pekan ini.

Roadshow di Indonesia sendiri dirancang untuk  membuka  gerbang hubungan ekonomi dan kolaborasi untuk memperdalam persahabatan antar dua negara Indonesia dan Thailand. Ajang ini juga bisa menjadi wadah untuk meningkatkan peluang baru maupun forum pendidikan yang baik serta menjalin jaringan kemitraan bisnis.

Payomsarit Sripattananon, Wakil Direktur Departemen Pemberdayaan dan Efisiensi Energi Alternatif PEA menambahkan, di PEA telah dikembangkan serangkaian teknologi infrastruktur yang memberikan landasan kokoh bagi pengembangan smart city. “Misalnya smart grid PEA untuk menghubungkan sistem kelistrikan dengan teknologi informasi dan komunikasi, smart meter PEA untuk mengoptimalkan pengoperasian sistem tenaga agar lebih efisien, dan banyak hal lainnya untuk pengembangan smart home, smart building, maupun smart city,” imbuhnya.

Ajang ini akan diikuti  oleh 700 peserta dari 40 negara dengan banyak atraksi seperti smart city & safe city landmark, demonstrasi zona smart city, smart city showcase, smart city investment zone, dan lainnya. Roadshow di Indonesia ini akan dilanjutkan ke Kamboja, Laos, dan Myanmar yang menunjukan negara-negara dengan pertumbuhhan ekonomi kuat dan permintaan akan teknologi baru.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me