Repotnya Cuma Satu Minggu, Untungnya Tetap Masuk Kantong

Big Banner
Tanaman hidroponik siap dipanen setelah berusia 3 minggu. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Yang bilang berkebun ala hidroponik itu susah, mungkin harus coba bertemu Maria Margareta Henny Sri Kuntari dan suaminya, Yudho. “Perjuangannya cuma seminggu di awal kok,” kata Yudho saat berbincang dengan Rumah123 beberapa waktu lalu.

Seminggu yang Yudho maksud adalah proses menyemai bibit tanaman dari biji hingga mengeluarkan batang yang siap dipindah ke media tanam air. “Bagian ini yang sering bikin orang mundur dari hobi hidroponik.”

Baca juga: Cari “Tambahan” Buat Bayar DP Rumah dari Hidroponik Mau Gak?

Butuh waktu untuk sekadar memastikan air terus hingga rock-wool tetap basah. Rock-wool berbentuk seperti kapas basah yang akan diisi biji tanaman.

Setelah biji ditanam dalam rock-wool yang bisa disusun di atas nampan kecil. Nampan tersebut lantas dimasukkan ke dalam plastik sekitar 2-3 hari hingga batang-batang mulai bermunculan.

Bibit tanaman yang sukses disemai hingga mengeluarkan batang dan daun . Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Itulah saat nampan bisa dikeluarkan dari plastik. Setelah itu, tugas yang sedikit membutuhkan effort dimulai.  “Setiap 3-4 jam sekali rock-wool harus diberi air agar tidak kering. Terus hingga batang mulai ditumbuhi 3-4 daun.”

Ketika daun sudah bermunculan, maka tanaman sudah bisa dipindah ke pot-pot kecil di lubang paralon. Paralon disusun seperti rak, dan menggunakan metode seperti akuarium hingga air dipastikan terus mengalir dan berisi oksigen.

Baca juga: Gini Cara Berkebun Hidroponik di Rumah!

Tidak lupa tentunya di bak utama, air diberi nutrisi yakni natrium, kalium, dan posfor. “Tinggal menunggu dengan santai saat semua tanaman siap panen yakni sekitar tiga minggu,” ujar Maria menambahkan.

Dengan tanaman hidroponik di balkon rumah seluas 45 meter persegi, menurut Maria, ia dan keluarga bisa menikmati makan sehat kapan saja, Tak lupa adanya penghasilan tambahan dari hasil penjualan panen kebunnya itu. Coba yuk!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me