Kalau ke Seoul, Jangan Lupa Mampir ke Seoullo 7017 Ya!

Big Banner
Seoullo 7017 (Rumah123/Dezeen)

Studio desain dan arsitek asal Belanda, MVRDV baru saja menyelesaikan sebuah proyek di Seoul, Korea Selatan. MVRDV mengubah sebuah jalan layang menjadi kawasan pejalan kaki penuh tanaman.

Jalan layang ini memiliki panjang hampir 1 km, tepatnya 983 km. Jalan yang dibangun pada era 1970-an ini memang menghubungkan sejumlah kawasan di Seoul.

Baca juga: Kantor Kekinian dari Kontainer, Belum Banyak yang Bikin Kan?

Namun, jalan ini kemudian tidak lagi dipakai setelah ada bagian yang retak. Pemerintah kota Seoul sempat berencana merubuhkan jalan ini, tetapi kemudian memilih untuk mendesain ulang dengan menjadikannya sebagai kawasan hijau.

Biro arsitek MVRDV yang didirikan oleh tiga arsitek Belanda yaitu Winy Maas, Jacob van Rijs dan Nathalie de Vries memenangkan proyek ini. MVRDV mengubah jalan layang ini menjadi kawasan hijau yang ramah untuk pejalan kaki.

Baca juga: Ayunan Ini Bakal Bikin Akhir Pekan Kamu Jadi Lebih Luar biasa Lho

MVRDV menempatkan 24.000 jenis tanaman, bunga, dan semak-semak dalam pot besar berukuran besar. Tidak heran, kalau kawasan ini menjadi terlihat lebih hijau.

Kawasan ini diberi nama Seoullo 7017 dan menjadi salah satu bagian menjadikan Seoul sebagai kota yang ramah pejalan kaki. Seoullo 7017 dapat diartikan sebagai Seoul Street atau Jalan Seoul.

Baca juga: Siapa Mau Koleksi Vas Unik dengan Teknik Kolase? Wah Kekinian Banget Lho

Seoullo 7017 ini memang unik karena berada di atas jalan raya. Bagian bawah kawasan hijau ini memang jalan raya yang ramai di Seoul.

Kawasan taman dan pejalan kaki ini juga terkoneksi dengan hotel dan pertokoan melalui jembatan yang terbuat dari material baja dan beton setinggi 16 meter.

Baca juga: Kursi Keren Ini Dibuat dari Anyaman Benang Rajut dan Wol!

MVRDV juga memasang sejumlah lampu berwarna biru. Saat malam tiba, lampu dari Seoullo 7017 ini terlihat kontras dengan warna lampu kuning dari lanskap kota dan juga mobil yang lalu lalang.

Nah, buat kamu generasi milenial yang suka plesir, kalau kamu berencana jalan-jalan ke Korea Selatan, jangan lupa untuk mampir ke Seoullo 7017. Ingat kamu juga perlu ber-selfie (swafoto) di kawasan ini dan mengunggahnya ke media sosial yang kamu miliki.

Baca juga: Hmm, Indahnya Furnitur dengan Pola Dedaunan dan Bunga

By the way, kapan ya Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia bisa memperbanyak kawasan hijau dan ramah pejalan kaki seperti ini?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me