Cari “Tambahan” Buat Bayar DP Rumah dari Hidroponik Mau Gak?

Big Banner
Media tanam hidroponik di balkon rumah. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Mau banget punya side job biar penghasilan bisa terkerek  lebih tinggi?  Gak harus yang duduk ala kantoran kan? Jual tanaman organik, yuk!

Gak punya lahan? Aaaahhh.. hilangin deh alasan yang satu itu. Ga ada salahnya nyontek dari Maria Margareta Henny Sri Kuntari. “Kami baru tiga bulan menempati rumah ini, tapi hidroponik ini sudah saya lakukan sejak kami tinggal di apartemen,” ujarnya saat ditemui Rumah123 di rumahnya, Selasa (23/5).

Baca juga: Kesulitan DP Rumah Subsidi? Kan Ada PUMP dari BPJS

Dari balkon lantai dua rumahnya di kawasan Pulo Mas, Maria bisa meraup omzet jutaan, plus hidup sehat. Ya, hidup sehat lantaran Maria dan keluarga nyaris setiap hari makan sehat dari kebun hidroponiknya tersebut.

Balkon seluas 45 meter persegi itu, Maria menempatkan satu meja dengan delapan pipa. Pipa-pipa tersebut memiliki sekitar 100 lubang yang menjadi media penanaman. Selain meja, Maria juga menempatkan rak paralon dengan fungsi yang sama. Bedanya, jumlah lubangnya mencapai 360 buah.

Baca juga: Mau Cari Uang Tambahan? Sewain Kamar Aja!

Berangkat dari hobi, Maria terbilang belum maksimal dalam memanfaatkan lahan balkonnya. “Ya kalau semuanya menggunakan rak, balkon ini muat untuk tiga unit.”

Meski hanya dengan satu meja dan rak paralon, hitung-hitungan omzet ibu dua anak ini sudah menggiurkan, lho! Ya, Maria sudah menjual hasil kebunnya, meski tidak dengan sistem “partai besar”.

Sawi, menjadi tanaman “termurah” yang ditanam Maria. “Kita hitung dari sawi aja ya. Satu pohon harganya Rp5.000. Jadi ya satu meja ini sekitar Rp500 ribu.”

Baca juga: Paksa Sisihkan Bonus dan Gaji untuk Punya Uang Muka Beli Rumah

Sedikit? Eiiittttsss.. itu kan kalau hanya sawi yang ditanam. Di kebun hidroponik ini, Maria juga menanam kale, selada hijau, selada merah, pok coy, dan lainnya. “Kale itu yang paling mahal. Harganya paling murah bisa Rp50 ribu.”

Nah, hitung sendiri deh berapa kira-kira penghasilan Maria. Cukup banget buat nambahin bayar down payment (DP) hunian idaman, bukan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me