Tol Palembang-Indralaya Siap Untuk Arus Mudik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah terus mempercepat pekerjaan proyek jalan tol agar bisa digunakan saat arus mudik Lebaran tahun ini. Di jalan tol Trans Sumatera, ruas tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi 1 di ruas Palembang-Pemulutan dipastikan bisa digunakan untuk arus mudik yang akan berlangsung 3 pekan dari sekarang. Dari 22 km panjang Palindra yang siap digunakan untuk mudik baru 12 km.

tol-palembang-tanjung-api-api

“Nanti pada bulan November 2017 akan bisa operasional hingga ke Indralaya. Khusus jalur yang fungsional saat mudik nanti masih akan digratiskan,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono saat meninjau ruas tol ini bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pekan ini.

Percepatan pembangunan ruas tol ini selain untuk kelancaran arus mudik juga untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018.  Jalan tol Trans Sumatera panjangnya 2.800 km terbagi delapan ruas dan diharapkan mendukung kegiatan perekonomian di Sumatera. Tol ini membentang dari Lampung hingga Aceh dengan tiga sirip yang menghubungkan pusat kegiatan ekonomi di sisi barat dan timur, yaitu Palembang-Bengkulu, Pekanbaru-Padang, dan Medan-Parapat-Sibolga.

Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tol Trans Sumatera sebesar Rp83 triliun. Untuk mewujudkan proyek ini pemerintah menugaskan PT Hutama Karya untuk melasanakan pembangunannya. Dana yang disiapkan Hutama Karya sebesar Rp50 triliun dari ekuitas perusahaan, sementara sisanya dari pinjaman.

Selain jalan tol Palindra seksi 1, ruas tol Trans Sumatera yang akan fungsional saat mudik Lebaran adalah jalan tol Medan-Binjai seksi 2 (Helvetia-Semayang, 6,18 km), seksi 3 Semayang-Binjai 4,28 km, dan Bakauheni-Terbanggi Besar (Sidomulyo-Kotabaru, 5 km). Yang lainnya di segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,9 km dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.

“Pemerintah terus berupaya menambah speed panjang jalan tol dan progres pembangunannya di Indonesia untuk memperlancar jalur distribusi dan menurunkan biaya logistik. Salah satu yang dipercepat pembangunannya itu jalan tol Trans Sumatera,” pungkas Basuki.

housing-estate.com