Kempupera Bangun Rusun Mahasiswa di Kupang

Big Banner

Kupang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) membangun rumah susun untuk mahasiswa Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman NTT, Shartini Welo, mengatakan, pembangunan rusun itu dibiayai dari dana APBN 2017 lebih dari Rp12 miliar.

“Peletakan batu pertama dilakukan gubernur NTT. Peletakan batu pertamanya baru terjadi setelah pengerjaan proyek sudah mencapai hampir 30 persen,” katanya di Kupang, Sabtu (27/5). Rusun tersebut, akan dilengkapi fasilitas meubeler, instalasi listrik, dan air.

Ia mengatakan kementerian terkait menargetkan bangunan dua tingkat dengan tiga lantai itu akan selesai pada Oktober 2017 dengan waktu pelaksanaan selama 250 hari terhitung dari 21 Februari.

Shartini menjelaskan, rusun tersebut dibangun dengan kapasitas 37 kamar, masing-masing dapat dihuni empat orang, sehingga total mahasiswa yang menempatinya mencapai 148 orang.

Ia mengatakan, Rusun Unwira merupakan salah satu dari tiga rusun yang dibangun Kempupera untuk lembaga pendidikan di provinsi kepulauan itu.

“Dua lainnya adalah rusun untuk siswa SMA Seminari Yohanes Paulus II Labuan Bajo dan Pesantren Wali Songo Ende,” katanya.

Shartini mengatakan, daya tampung Rusun Unwira memang masih terbatas dibading jumlah mahasiswa di universitas itu mencapai lebih dari 7.000 orang.

“Namun rusun itu diharapkan menjadi modal awal bagi pihak universitas untuk dikembangkan lebih lanjut,” katanya.

Prinsipnya, katanya, pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada pihak universitas dan yang paling utama penetapan biaya bagi mahasiswa yang menempatinya harus lebih rendah dari harga indekos di sekitarnya.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me