LRT City Sentul Dibangun Usai Lebaran

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Royal Sentul Park (RSP), disebut juga dengan LRT City, Sentul, Bogor, Jawa Barat, akan segera dimulai pembangunannya. Groundbreaking proyek PT Adhi Karya (Persero) Tbk itu akan dilaksanakan Juli 2017 usai lebaran untuk tower 1A. Tower pertama setinggi 33 lantai itu mencakup 1.637 unit. Ada tiga tipe yang ditawarkan, yaitu Studio, 1 bedroom (BR), dan 2BR, masing-masing dua pilihan dengan luasan berbeda. Studio (22,7 m2) dibandrol Rp360 juta, sementara Studio Plus (27,5 m2) Rp420 juta.

LRT City

Sejak dikenalkan ke pasar November 2016 saat ini sudah terpesan 193 unit. Harganya juga sudah naik, tipe Studio dari Rp299 juta sekarang menjadi Rp360 juta. “Tahun ini targetnya bisa terjual 600 unit,” ujar Amrozi Hamidi, GM Transit Oriented Development & Hotel PT Adhi Karya (Persero) Tbk, kepada pers di Sentul, belum lama ini.

Proyek seluas 14,8 ha ini dikembangkan dengan konsep transit oriented development (TOD). Areanya terintegrasi dengan transportasi massal  LRT (light rail transit) yang juga dibangun Adhi Karya. Tahap pertama dikembangkan empat tower apartemen, tiga tower di antaranya langsung terintegrasi dengan stasiun LRT. Tiga tower tersebut dibangun di atas mal, sedangkan tower 1A yang tengah dipasarkan terpisah dengan mal. Untuk itu setelah pembangunan tower 1A yang akan dibangun lebih dulu mal. Tiga tower berikutnya akan dibangun satu per satu di atas mal seluas 30.000 m2 itu. Targetnya tower 1A akan sera terima tahun 2020, bersamaan dengan selesainya pembangunan LRT tahap II (Cibubur-Bogor) yang diperkirakan tahun 2020-2021.

Amrozi mengatakan hunian berbasis angkutan massal menjadi kebutuhan di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Hunian seperti ini menjadi solusi terhadap masalah kemacetan Jabodetabek yang kian parah. Dengan adanya angkutan massal yang dirancang nyaman dan cepat masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke LRT. Untuk itu Royal Sentul Park akan dilengkapi park and ride dengan kapasitas 200-300 mobil dan 300 motor.  Masyarakat yang membawa kendaraan pribadi bisa menitipkan di parkiran selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan LRT.  Selain itu Departement TOD Adhi Karya juga menjalin kesepakatan (MOU) dengan PPD untuk mengoperasionalkan suttle bus dari kawasan-kawasan permukiman di sekitar stasiun ke stasiun LRT.

RSP yang menelan investasi sebesar Rp6,7 triliun mencakup 11 tower apartemen dan satu tower perkantoran. Amrozi optimis proyek yang akan dikembangkan selama 5-8 tahun itu  mendapat respon positif konsumen. Selain dikembangkan secara terpadu (hunian, komersial, dan kantor) dan terintegrasi dengan LRT, lokasinya juga dekat gerbang tol Sirkuit Sentul. Kini Adhi Karya hamper merampungkan pembangunan 12 unit shop house, semacam ruko 3 lantai yang akan difungsikan untuk kuliner dan perkantoran. Ruko seharga Rp3,6 miliar itu sudah terjual seluruhnya dan kini dipasarkan tahap berikutnya sebanyak 23 unit.

housing-estate.com