Catat Ya, Rusun di Atas Stasiun Segera Berdiri di Tanah Abang, Pondok Cina, dan Bogor

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock Photo

Tahun ini pemerintah gencar membangun rumah susun (rusun) di sepanjang kawasan Transit Oriented Development (TOD). Sebanyak 74 rusun akan dibangun dengan masing-masing rusun terdiri atas 4 ribu unit.

Baca juga: Waskita Giat Bangun Hunian Berbasis TD

“Ada 74, tapi untuk 2017 mungkin akan mulai beberapa. Karena masing-masing TOD diperkirakan mampu menyerap 3.000 sampai 4.000 unit per TOD, sehingga kami berharap semuanya bisa dikembangkan mencapai 210 ribu unit,” kata Deputi Usaha Konstruksi Sarana dan Pra-sarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan seperti dilansir dari detikFinance.

Ada tiga stasiun, kawasan yang akan didahului pembangunan rusun menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Akan mulai tahun ini, di beberapa tempat, Tanah Abang, Pondok Cina, dan Bogor,” katanya menyebutkan.

Baca juga: Hunian Berbasis TOD Jadi Solusi Penghuni Rusun Gunakan Transportasi Umum

Rusun tersebut nantinya akan dipasarkan dengan harga terjangkau bagi MBR. “DP 1 persen, harganya mungkin Rp200 jutaan,” ujarnya.

Dengan adanya rusun di atas stasiun, lanjut Pontas, biaya transportasi masyarakat pun bisa berkurang. Pasalnya, mereka yang tinggal di rusun di atas stasiun tidak perlu repot-repot menggunakan transportasi umum lainnya. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me