Lantai Satu Rusunawa Unwira Kupang Khusus Buat Penyandang Disabilitas Lho!

Big Banner
Groundbreaking Rusunawa Unwira di Kupang, NTT. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Saat ini, Kemen PUPR sedang membangun rusunawa untuk mahasiswa  Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira), Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Rusunawa, Solusi Paling Mungkin untuk Kaum Urban

“Kami harap nanti setelah selesai dibangun pihak kampus bisa segera mengelola rusunawa ini dengan baik dengan membuat peraturan. Yang penting adalah biaya sewa tinggal di rusunawa ini jangan sampai memberatkan mahasiswa baru yang tinggal. Dan harus lebih murah daripada tinggal di kos-kosan,” kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, melalui keterangan tertulisnya, beberapa waktu lalu.

Rusunawa Unwira secara keseluruhan memiliki luas 30×85 meter. Di dalamnya tersedia 37 kamar dan setiap kamar akan dihuni 4 mahasiswa. Rusunawa ini bisa dihuni 148 orang. Kapasitas ini memang jauh bila dibandingkan dengan jumlah mahasiswa Unwira yang mencapai 7.000 orang.

Baca juga: Rusun Sukaramai yang Baru Punya Fasilitas yang Lengkap Loh

Lantai dasar rusunawa ini dikhususkan buat penyandang disabilitas. Sebelumnya, Kemen PUPR sempat meresmikan rusunawa dengan peruntukan yang sama, lantai dasar untuk penyandang disabilitas di Yogyakarta pada 2016.

Progres pembangunan rusunawa setinggi tiga lantai ini telah mencapai 30 persen. Pembangunan rusunawa ini menggunakan dana APBN senilai Rp12,153 miliar. Pembangunan direncanakan selesai pada Oktober mendatang.

“Rencananya pembangunan dilaksanakan selama 240 hari kalender mulai 21 Februari 2017 dan berakhir pada 20 Oktober 2017,” ujarnya. (ed:dod)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me