Rumah Tapak di Jakarta Tak Lagi Terjangkau 100 Persen Oleh Milenial?

Big Banner

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Masih ingat hasil survei di mana hanya ada 17 persen milenial Jakarta yang mampu membeli rumah termurah di kota megapolitan ini? Bagaiman dengan sisanya?

Memaksakan diri, begitu kesan yang muncul kala orang muda yang lahir di era awal 1980-an hingga awal 1990-an mengukuhkan hati untuk membeli rumah tapak di Jakarta. Bagaimana tidak, harga yang dibanderol untuk rumah di ibu kota ini tergolong sangat mahal.

Yah, lihat saja seberapa mudah menemukan lahan kosong di Jakarta. Jika pun ada, coba cek harga yang ditawarkan. Belum lagi bahan bangunan dan lainnya yang membuat rumah jadi pun mampu memasang harga “sombong”.

Baca juga: Ini Dia, Rumah di Jakarta Seharga Rp250 Juta! 

Sementara itu, menurut survei penghasilan yang dilakukan Rumah123 dan Karir.com akhir 2016 menunjukkan angka yang berbanding terbalik. setidaknya 83 persen milenial Jakarta memiliki penghasilan maksimum Rp7,5 juta.

Sekitar 40,30 persen milenial Jakarta hanya berpenghasilan antara Rp4-7,5 juta. Sementara 40,23 persen berpenghasilan lebih rendah lagi, yaitu Rp2 juta hingga mendekati Rp4 juta. Bahkan masih ada yang lebih rendah lagi yaitu di bawah Rp2 juta, yakni sebanyak 2,43 persen.

Dengan angka itu, akankah milenial ini mampu membeli rumah di Jakarta yang menurut data Rumah123, mulai dari angka Rp350 juta. Itu pun berlokasi di pinggiran Jakarta yang sudah dekat dengan perbatasan daerah penyangga.

Baca juga: Harga Rumah di Jakarta Itu Mahal? Ah, Kata Siapa?

Dengan demikian, jika berkaca pada survei penghasilan akhir 2016 tersebut, lebih dari 90 persen milenial Jakarta tak lagi bisa membeli rumah tapak di kota ini. Pasalnya, 17 persen milenial sebelumnya juga hanya mampu menjangkau rumah dengan harga Rp300 juta.

Sementara itu, beberapa daerah penyangga Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menawarkan harga yang lebih miring, yakni sekitar Rp200 jutaan. Tak sedikit pula yang masih di bawah Rp200 juta. Yakin masih maksa beli rumah di Jakarta?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me