Indonesia-Jepang Garap 6 Proyek Kerja Sama

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Indonesia dan Jepang melakukan kerja sama untuk pengembangan 6 proyek strategis. Ini kelanjutan kerja sama yang sudah dijalin oleh kedua negara. Kerjasama ini mencakup proyek sistem keamanan, jalan, pengolahan limbah, bendungan, dan konservasi pantai. Untuk kerja sama system keamanan Jepang menawarkan peralatan pendeteksi wajah untuk mencegah terorisme.

Basuki Hadimuljono

Menpupera Basuki Hadimuljono

“Alat ini akan dipasang di Stadion Utama GBK Senayan yang berkapasitas 60 ribu tempat duduk, bisa dideteksi hanya dalam hitungan detik,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat menerima Duta Besar Jepang Masafumi Ishii di kantornya, pekan ini.

Kerja sama lainnya mengenai kelanjutan pembangunan akses jalan Pelabuhan Patimbang yang akan melakukan soft opening pada awal 2019. Jalan akses ini panjangnya 8,1 km dengan 4 jalur untuk 2 arah kendaraan dengan nilai konstruksi Rp1,12 triliun. Kemenpupera akan menyiapkan akses ke Patimban dari tol Cipali.

Kemudian pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau Jakarta Sewerage System. Proyek ini ditargetkan mulai dibangun tahun 2018 dan selesai pada 2022. Kapasitasnya sebesar 198 ribu m3 per hari untuk cakupan layanan 4.901 ha. Total akan dibangun 15 zona di berbagai wilayah Jakarta.

Selanjutnya proyek Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang merupakan proyek jalan tol dalam kota Bandung. Proyek ini terbagi 4 paket yaitu Pasteur-Pasupati (1,5 km), Soekarno Hatta-Gedebage (2 km), Kopo-Leuwipanjang (1,3 km), dan Kiara Condong-Buah Batu (1,3 km). Saat ini masih disiapkan untuk pembebasan lahannya.

Proyek lainnya adalah Bali Beach Conservation Project Phase II yang berada di empat lokasi, yaitu Pantai Legian-Seminyak, Pantai Candidasa, Tanjung Benoa, dan Pantai Nusa Dua. Proyek ini memakan biaya Rp1,2 triliun dengan tujuan untuk mengembalikan kondisi pantai yang tergerus ombak sehingga tidak membuat berkurangnya garis pantai.

“Terakhir masih ada proyek kerja sama untuk modernisasi daerah irigasi yang tujuannya juga untuk pengendalian banjir. Proyek-proyek ini akan dikerjakan dalam beberapa fase tapi targetnya akan dikerjakan pada tahun ini hingga tahun depan tergantung kesiapan di lokasi,” imbuh Basuki.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me