Mudik Lebaran? Titip Saja Rumah Kepada Tuhan!

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Sudah hampir dua dekade, Satriya Wibawa (41 tahun) menetap di ibukota. Sebagai pendatang, dia dan keluarga sudah terbiasa mudik saat Hari Raya Idul Fitri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dia, istri, dan ketiga anaknya akan pulang kampung ke Yogyakarta pada tahun ini. Pria yang tinggal di Jakarta Pusat ini malah tidak terlalu memikirkan rumah saat ditinggal mudik.

Baca juga: Desainer Interior Ini Dapatkan Ide dari Bertualang ke Alam Liar, Mau Ikut?

“Kalau saya karena nggak punya barang berharga. Kalau saya prinsipnya gini, berbuat baik ke banyak orang, ikhlas, ikhtiar dengan dikunci, udah. Serahkan ke Allah SWT untuk menjaga. Ga pernah khusus nitipin,” ujar karyawan swasta ini kepada Rumah123.

Pria yang menunaikan ibadah haji pada 2016 ini menuturkan kalau barang-barang di rumahnya terbilang lama. Motor tua yang sudah belasan tahun, televisi jadul, mesin cuci keluaran lama, dan lainnya.

Baca juga: Stephen Curry Ga Hanya Hebat Main Basket Tetapi Juga Jago Up Grade Properti

“Jadi, Insya Allah kalau maling masuk nggak dapat barang berharga. Jadi kalau hilang pun Insya Allah ikhlas bukan rejeki kami,” katanya lagi.

“Saranku nggak usah terlalu dipikirin rumah. Hanya titipan. Balikin yang nitipin minta dijaga. Ya, jangan lupa sedekah,” lanjutnya.

Baca juga: Miliarder Wanita Termuda Ini Raup Keuntungan Rp18 Miliar dari Jual Apartemen

Dia tidak pernah menitipkan rumah secara khusus kepada seseorang. Dia hanya memberitahu kepada pengurus RT kalau keluarganya mudik. “Cuma tetangga dan satpam malahan yang dengan sukarela nawarin,” katanya.

Selain mengunci pintu rumah, dia hanya melakukan beberapa pencegahan terkait kebakaran. Dia memaparkan hanya perlu mematikan listrik langsung dari sekring dan mencabut kompor. Selebihnya, dia menitipkan rumah kepada Tuhan Yang Masa Kuasa.

rumah123.com