Tren Rumah Sempit, Siapa Ikut?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Rumah kecil, hati gak perlu ikut kecil. Tetap berbesar hati aja! Soal ukuran rumah yang kecil urusannya gak melulu soal kemampaun kocek lho, bisa juga ini terkait tren.

 

Populasi manusia cenderung meningkat, sementara lahan di Bumi ini gak bertambah luas. Ya wajar dong kalau harga tanah terus meningkat hingga mungkin tak terjangkau kantong kita lagi. Jadi, rumah mungil pun tak apalah.

Bicara soal rumah kecil, sebutannya yang lebih gaya adalah rumah minimalis. Rumah minimalis sebenarnya tak merujuk pada ukuran yang kecil, tapi pada gaya atau desain rumah.

Baca juga: Rasanya Tinggal di “Peti Mati” Itu…

Kalau mengintip arsitag.com, awal munculnya konsep desain rumah minimalis adalah sebagai bentuk efisiensi penggunaan bahan bangunan. Biasanya pada konsep desain rumah lain, penggunaan bahan bangunan sangat banyak.

Selain dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan terkurasnya sumber daya alam, juga membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membangunnya.

Jadi, kalau kamu mampunya beli rumah kecil semisal Tipe 21, gak perlu malu atau kecil hati. Buat saja desainnya sekaligus menjadi minimalis. Desain rumah minimalis Tipe 21 termasuk ke dalam rumah kecil, luasnya cuma 21 meter persegi.

Baca juga: Potret Kelam Hunian di Balik Gemerlap Hong Kong

Meskipun cuma 21 meter persegi, kamu perlu merancangnya dengan tepat ketika membangun rumah tipe ini. Begitu pula ketika mendekornya.Tepat sekali jika kamu menerapkan konsep minimalis pada rumahmu yang bertipe 21 ini.

Pasalnya, konsep tersebut akan mampu memaksimalkan ruang dalam penggunaan lahan. Sebagai penghuninya kamu tetap mempunyai ruang gerak yang cukup. Tahu gak kamu, model rumah minimalis juga bikin rumah terlihat modern lho.

Rumah berukuran kecil saat ini bisa jadi alternatif pilihan. Bahkan, jadi keterpaksaan. Hal ini bisa kita lihat di Hong Kong. Seperti dilansir Daily Mail, Li Suet-wen, ibu dua anak, menempati cubicle homes, ruangan berbentuk kubus berukuran sekitar 11 meter persegi.

Baca juga: Siasati Dana Terbatas, Pasangan Ini Memilih Bangun Rumah Desain Minimalis

Rumah itu minus kamar tidur dan ruang keluarga. Hunian ini merupakan satu bagian apartemen yang sudah disekat menjadi 5 bagian. Tempat tidur, sofa kecil, kulkas, mesin cuci, dan sebuah meja mungil menemani keluarga Li di dalam unit apartemen yang sempit tersebut.

Di belahan dunia lain, ada rumah di Colorado yang ukurannya 11,5 meter persegi saja. Pemiliknya bernama Christopher Smith. Meskipun kecil, rumah tersebut punya dapur kecil, tempat tidur, rak buku, dan tempat penyimpanan.

Di Jerman malah ada rumah yang lebih sempit lagi. Mau tahu ukurannya? 7,3 meter persegi saja! Rumah mungil ini didesain oleh seorang arsitek asal Italia, Renzo Piano, yang diberinya nama “Diogene”.

Baca juga: Tak Punya Uang Banyak, Pasangan Milenial Ini “Maksa” Bangun Rumah Mungil

Dalam rumah sempit tersebut ada ruang keluarga minimalis, shower, dan tempat tidur. Menariknya, rumah ini memiliki tenologi tenaga surya yang dapat memasok energi dari cahaya matahari.

Yang lebih sempit lagi adalah rumah di Roma, Cuma 6,9 meter persegi. Marco Pierazzi, seorang arsitek dari Italia, yang membangun rumah itu di gang sempit Roma, Italia. Rumah ini disebut-sebut sebagai hunian terkecil di Italia. Biar kecil, tapi rumah ini berdesain interior yang menarik. Penataannya dibuat sangat minimalis dan fungsional.

Di China lain lagi. Ada sebuah kelompok desain interior bernama Beijing People’s Architecture yang berhasil membangun sebuah rumah minimalis di atas sepeda roda tiga. Rumah ini berluas 3 meter persegi saja. Seperti rumah caravan, pada rumah ini terdapat kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Perabotannya jelas dibuat multifungsi.

Baca juga: Punya Rumah Minimalis Banyak Untungnya Loh…

Eitsss… masih ada lagi. Di Berlin, Jerman, ada seorang arsitek bernama Van Bo Le-Mentzal yang membangun rumah superkecil atau mikro berukuran hanya 1,02 meter. Di dalam rumah ini hanya ada satu kursi, jendela, dan pintu.

Akan tetapi, rumah mikro itu bisa digunakan untuk tidur lho saat malam. Cukup dengan mengganti posisi rumah, strukturnya dapat berubah menjad kasur built-in. Wow!

Mau yang lebih wow lagi? Di Hong Kong, seperti dilansir Daily Mail, malah ada ‘rumah’ seukuran peti mati. Penghuninya bernama Wong Tat-ming, pria berusia 63 tahun. Dia tinggal di rumah seukuran peti mati itu sudah empat tahun belakangan ini. Nah, untuk ruangan berukuran 1 X 2 meter seperti ini, tentu tak banyak barang yang bisa masuk, bukan?

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me