Yuk, Bikin Kondisi Rumah ‘Normal’ Lagi Sepulang Mudik

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Balik dari mudik wajar dong kalau capek. Semakin terasa capeknya ketika Pembantu Rumah Tangga (PRT) juga belum balik, bukan? Cucian, setrikaan, mungkin sudah menumpuk.

Kalau rumahmu ditinggal mudik tanpa ada yang menunggui, secapek apapun saat kamu nyampe di rumah tetap saja ada 4 hal yang kamu harus lakukan segera agar suasana rumah bisa ‘normal’ lagi. Apakah itu?

Baca juga: Ini Dia, Rumah yang Gampang Dibersihkan Saat PRT Mudik

Kesatu, Lancarkan Sirkulasi Udara

Saat kamu tinggalkan rumah untuk mudik, pastinya semua pintu dan jendela tertutup rapat, bukan? Nah, kalau kondisi tertutup ini berlangsung selama beberapa hari, apalagi kalau seminggu, maka yakinlah udara dalam rumahmu terasa pengap dengan aroma yang ‘gitu deh’.

Jadi, bukalah pintu dan jendela-jendela. Tapi, bukan berarti mengundang maling masuk. Perhatikan segi keamanannya juga. Kalau tak memungkinkan membuka lebar pintu dan jendela, coaba nyalakan AC atau kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah. Kalau nyampe di rumah saat malam, langkah ini bisa kamu lakukan besok pagi.

Baca juga: 7 Tips Ini Bikin Rumahmu Beres Selagi PRT Mudik

Kedua, Periksa Listrik, Lampu, dan Air

Periksa apakah aliran listrik berfungsi dengan baik. Kalau kamu pake token, pastikan persediaan pulsa listrik rumahmu masih cukup. Segera isi ulang bila akan habis. Keran air pun perlu kamu cek, karena bisa saja ada gangguan setelah kamu tinggal mudik sekian hari.

Ketiga, Cek Persediaan Logistik

Kamu dan anggota keluarga pasti butuh makan dan minum sepulang mudik. Periksa apakah bahan-bahan persediaan logistik urusan dapur masih cukup? Bagaimana dengan persediaan gas untuk memasak? Bergegaslah memeriksanya karena setelah ini kamu masih butuh energi untuk beberes rumah.

Baca juga: Ditinggal ART Mudik? Libatkan Anak Dong untuk Berbenah

Keempat, Bersihkan Debu dan Kotoran

Tinggal di negeri tropis salah satu gak enaknya adalah banyak debu. Rumahmu yang kosong beberapa hari pasti menjadi tempat yang leluasa bagi debu-debu untuk berdiam. Untuk membebaskan rumah dari debu, bersihkan dulu bagian-bagian yang penting yakni sofa, meja di ruang tamu, barulah bagian bawahnya yakni lantai dan karpet.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me