Kemenpupera Dorong Pengembangan Kota Hijau

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) sejak tahun 2011 menginisiasi Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) untuk mewujudkan ruang kota yang berkualitas. Program ini menggandeng pemerintah kabupaten/kota sekaligus sebagai implementasi UU No. 26 Tahun 2007 mengenai Penataan Ruang.

taman-flora-bratang-surabaya

Berdasarkan publikasi Kemenpupera, Senin (3/7), saat ini sudah ada 165 kabupaten/kota yang mengikuti P2KH. Seluruh pemda yang ikut dalam program ini sudah memiliki dokumen masterplan kota hijau dan peta komunitas hijau. Mereka juga melibatkan masyarakat dan pihak terkait untuk  ikut berperan aktif dalam program ini.

Melalui P2KH Kemenpupera memberi stimulan bagi penambahan ruang terbuka hijau (RTH). Tahun 2011-2016 telah terbentuk 245 RTH  seluas 249,2 ha berupa pembangunan kebun raya, taman, dan lainnya. Tahun 2017 akan ada tambahan 9 kabupaten/kota yang akan mengikuti P2KH.

P2KH sejauh ini cukup berhasil menggaungkan isu RTH di daerah. Pemkab/Pemkot mulai melakukan inventarisasi asset-aset tanah yang bisa dijadikan RTH berupa ruang publik dan alun-alun. Ada juga program stimulan melalui Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kemenpupera untuk mengawal komitmen pemerintah daerah yang mengikuti program P2KH. Setidaknya ada 8 kriteria untuk pengembangan Kota Hijau, yaitu green planning and design, green open space, green energy, green water, green waste, green building, green transportation, dan green community.

Targetnya tahun 2019 seluruh kabupaten/kota memiliki Perda bangunan gedung, 50 persen seluruh bangunan gedung di Indonesia memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), 30 persen bangunan gedung di Indonesia memiliki sertifikat layak fungsi (SLF), dan 15 persen sudah melakukan pendataan bangunan gedung. Target jangka pendek 67 bangunan gedung negara diarahkan menjadi bangunan gedung hijau, 50 persen kabupaten-kota telah dilayani Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG), penambahan luas RTH di seluruh Indonesia  sebesar 14 persen, dan mendorong revitalisasi kawasan pusaka 2 world heritage dan 9 national heritage.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me