Lebaran Usai, Saatnya Beberes Rumah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perayaan Hari Raya Idul Fitri  yang diikuti libur panjang telah usai. Selama Lebaran dan berkumpul bersama keluarga, teman, dan kerabat, situasi rumah biasanya berantakan karena si empunya  tidak sempat beberes. Untuk mengembalikan kondisi rumah kembali rapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Dikutip dari website Centroceramic, Senin (3/7), untuk memudahkan kegiatan beres-beres rumah setelah acara Lebaran bisa dimulai dari hal paling penting (first thing tirst). Berikut beberapa langkahnya.

Meja Makan

Mulailah pembersihan dari perangkat meja makan karena selama libur Lebaran meja makan menjadi  pusat sebuah rumah. Berbagai macam hidangan dan makanan tersimpan  di situ. Angkat seluruh perangkat yang tersaji di makan untuk memudahkan pembersihan noda-noda makanan.  Untuk meja makan dari kayu perlu pembersihan lebih intensif, bila perlu berikan lapisan pengilap khusus kayu agar tampilannya kembali kinclong.

Stainless Steel

Perangkat dan perabotan berbahan stainless steel harus segera mendapatkan perawatan. Misalnya aneka sendok-garpu, pisau, sutil, sendok sup, capitan, aneka panci-penggorengan, dan sebagainya. Bersihkan juga perangkat lain yang menggunakan material ini seperti oven, microwave, kompor gas, dan kitchen sink.

Kulkas

Refrigerator (kulkas) juga harus mendapatkan perhatian ekstra. Selama Lebaran refrigator  bekerja keras karena kulkas berkapasitas penuh. Pastikan penganan yang disimpan segera dikonsumsi, bukan hanya sebagai penyimpanan sementara untuk nantinya dibuang. Kebersihan kabin kulkas juga harus selalu terjaga agar kinerjanya tetap maksimal dan tidak menjadi boros listrik.

Kamar Mandi

Salah satu fungsi ruang yang teramat penting di rumah adalah kamar mandi. Area ini kerap terabaikan karena posisinya yang tidak menyolok mata dan lebih tersembunyi. Segera lakukan pembersihan menyeluruh terhadap permukaan lantai dan dinding sebelum noda-noda tersebut melekat kuat. Pastikan permukaan toilet tetap bersih, bersihkan juga shower curtain, cermin, dan perangkat lainnya. Bila menggunakan bathtub penting juga untuk memoles kembali permukaannya agar tetap bersih dan cling.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me