Kinerja COWL & INPP, Q-1/2017 Turun Masing2 5 dan 7%

Big Banner

Laporan Utama Majalah Properti Indonesia (MPI) Bulan Juni lalu menurunkan kinerja 25 besar pengembang properti di tanah air. Di antaranya PT Cowell Development Tbk.(COWL) dan PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP).

PT Cowell Development Tbk. PT Cowell Development Tbk.(COWL) pada kuartal I-2017 mencatatkan pendapatan sebesar Rp128 miliar, menurun 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp135,19 miliar. Sementara laba bersih yang diraih sebesar Rp1,56 miliar, turun 96% dibandingkan kuartal I-2016 sebesar Rp42,14 miliar.

Cowell membidik pendapatan pra-penjualan sebesar Rp1,4 triliun tahun ini dengan mengandalkan proyek eksisting yakni mixed use The Oasis di Cikarang, Serpong Park, Lexington Residence Jakarta Selatan dan Borneo Paradiso di Kalimantan Timur.

Selain itu Cowell akan makin serius menggarap rumah tapak karena risiko bisnis yang lebih rendah ketimbang produk properti lainnya. Saat ini Cowell tercatat telah mengembangkan empat proyek residensial di kawasan Serpong, Tangerang yakni Melati Mas Residence, Serpong Park, Serpong Terrace dan Laverde. Di tahun 2017 Perseroan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure) Rp314 miliar.

Sementara PT Indonesian Paradise Property Tbk. Sepanjang kuartal I-2017, PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) mencatatkan pendapatan sebesar Rp120,44 miliar, menurun 7% dibandingkan kuartal I-2016 yang sebesar Rp128,88 miliar.

Pendapatan berasal dari dua sektor yaitu hotel dan pusat perbelanjaan. Sementara laba bersih yang diperoleh INPP pada kuartal I-2017 sebesar Rp9,53 miliar, menurun 68% dibandingkan kuartal I-2016 sebesar Rp30,00 miliar.

INPP membidik pendapatan tahun ini sebesar Rp650 miliar. Perseroan meyakini target tersebut dapat dipenuhi melalui pengoperasian properti komersial yang berfokus pada lifestyle dan shopping centre teranyar bertajuk Paskal 23 di Bandung. Rencananya, proyek properti tersebut akan mulai beroperasi pada September tahun ini. INPP dalam rencana jangka panjang akan melebarkan sayap bisnis ke sektor high rise dan mixed use yang berbasis integrated city. Komitmen tersebut dapat dilihat dari dua proyek teranyar yang sedang dikembangkan di Bali (Sahid Kuta Lifestyle Resort) dan Centerra Sentul City Batam (One Residence). MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com