Ibu Kota Bakal Pindah, Kamu Pindah Juga Ga?

Big Banner
Pemandangan sebuah sudut Ibu Kota Jakarta dengan Waduk Kebon Melati berlatar belakang gedung perkantoran dan hunian. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Sudah tahu Pemerintah serius akan memindahkan Ibu Kota dari Provinsi DKI Jakarta? Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah disebut-sebut sebagai lokasi baru Ibu Kota Republik Indonesia.

“Maka tahun 2018 atau 2019 sudah mulai ada kegiatan terkait dengan pemindahan pusat administrasi pemerintahan,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip Kompas.com, Senin (3/7).

Baca juga: Milenial Pengen Punya Rumah Nyaman di Jakarta, Mimpi atau…?

Pembahasan detail rencana  pemindahan tersebut sudah dilakukannya bersama Presiden Joko Widodo, dan skema pendanaannya akan rampung tahun ini.

Aspeknya yang dikaji meliputi lokasi, estimasi pendanaan, dan tata kota. Bappenas disebut akan memimpin kementerian dan lembaga lain dalam menjalankan rencana pemindahan ini.

“Utamanya Bappenas yang lead bersama Kementerian Pekerjaan Umum. Tentunya dengan kementerian lainnya,” kata Bambang lagi.

Baca juga: Rumah Tapak di Jakarta Tak Lagi Terjangkau 100 Persen Oleh Milenial?

Ketidakseimbangan pembangunan antara Pulau Jawa dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia menjadi dasar pertimbangan memindahkan ibu kota.

Apa saja dampak dari pemindahan ini? Kantor pemerintahan akan pindah, maka di lokasi baru akan dibangun kantor kepresidenan dan kantor kementerian. Sehingga, Jakarta akan menjadi pusat bisnis dan keuangan, bukan lagi pusat pemerintahan.

Baca juga: Milenial Cuma Tertarik pada Hunian yang…

Disebutkan pula butuh waktu sekitar tiga tahun untuk menjadikan suatu kota menjadi ibu kota. “Mungkin butuh waktu 3-4 tahun untuk menyelesaikan seluruh infrastruktur dasar maupun gedung-gedung pemerintahnnya,” kata Bambang.

Kalau ibu kota pindah, tentunya banyak properti yang akan dibangun di lokasi yang baru. Selain gedung-gedung pusat pemerintahan dan kementerian, tentunya juga perumahan. Nah, siap-siaplah melayangkan pandangan di lokasi ibu kota yang baru.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me