Gara-gara Kebakaran, Pemerintah Bakal Cek 4.000 Gedung Tinggi

Big Banner
Grenfell Tower, London, Inggris yang terbakar pada Juni 2017 (Rumah123/Daily Mail)

Pemerintah Inggris akan merilis tinjauan keselamatan apartemen setelah terjadinya kebakaran besar yang melanda Grenfell Tower di ibu kota London pada Rabu (14/06/2017) lalu. Para penghuni gedung bisa direlokasi demi keamanan.

Besarnya kebakaran yang melanda Grenfell Tower pada bulan lalu itu ditengarai ikut dipicu oleh bahan pelapis dinding gedung. Sejumlah saksi mata menyatakan kebakaran membesar dengan cepat.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

“Apa yang kami mulai dan dimulai segera, adalah tinjauan keselamatan penghuni dari bahaya kebakaran, gedung yang sama di seluruh negeri,” ujar pejabat pemerintah Inggris, Sajid Javid kepada BBC.

Langkah pertama yang dilakukan adalah meneliti berapa banyak gedung apartemen yang memakai pelapis yang sama dengan Grenfell Tower. Dia menyesalkan kebakaran seperti ini terjadi di negara besar seperti Inggris.

Baca juga: Katanya, Keramik Iznik yang Percantik Masjid Biru. Kayak Apa Sih?

“Ada sekitar 4.000 gedung pencakar langit di negara ini, tetapi tidak semuanya dilapis ulang. Tetapi jangan juga untuk berasumsi kalau semuanya telah dilapis,” kata Javid.

Javid melanjutkan kalau pemeriksaan ini akan dipimpin oleh pakar konstruksi. Para pakar akan memberikan informasi apa yang akan dilakukan terkait pemeriksaan.

Baca juga: Keindahan Surga Dunia Bernama Alhambra, Seperti Apa?

Setelah itu, pemerintah akan melakukan upaya untuk memastikan keselamatan penghuni gedung tinggi. Namun, Javid menyadari kalau tidak bisa ada langkah jangka pendek untuk hal ini terkait upaya relokasi.

“Apa pun perubahan untuk gedung itu, relokasi, atau apa pun itu, semua harus dilakukan,” katanya lagi.

Baca juga: Desain Maha Karya Arsitektur Islam Bisa Dilihat di Masjid Ini, Penasaran?

Grenfell Tower direnovasi ulang pada 2016 lalu dengan biaya mencapai 8,7 juta pound (Rp 148 miliar). Biro arsitek asal Inggris, E Architects dan perusahaan konstruksi Rydon mengerjakan proyek ini.

Lapisan aluminium komposit dipasang pada seluruh eksterior gedung. Namun, bahan ini diduga menjadi penyebab membesarnya kebakaran.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me