Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Bakal Ditutup, Terus Gimana?

Big Banner

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Pada bulan ini (Juli 2017) dikabarkan Gerbang Tol (GT) Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama bakal ditutup. Gak usah khawatir, penutupan ini justru diharapkan akan mengurangi kemacetan, sehingga para pengguna jalan bisa lebih cepat melintas di ruas tol tersebut.

Pemerintah saat ini terus mematangkan rencana mengintegrasikan proses transaksi (pembayaran jalan tol) di Tol Jagorawi. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan, integrasi dilakukan dengan cara menutup GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama.

“Harapannya bulan ini (dapat terlaksana),” kata Herry di kantornya, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/7).

Baca juga: 10 Tahun Lagi, Cimanggis Bakal Sangat Berkembang, Kok Bisa?

Eits, jangan tepuk tangan dulu. Dengan penutupan kedua GT tersebut, bukan berarti gratis melintas di ruas tol tersebut. Proses transaksi akan dialihkan. Kamu yang menuju Jakarta akan membayar tol di akses masuk atau on ramp. Sedangkan kamu yang menuju Ciawi akan membayar di akses keluar atau off ramp.

“Nanti kan sistemnya terbuka seperti ke Jakarta-Tangerang. Sehingga, nanti dengan cara tadi, GT Cibubur dan Cimanggis akan dihilangkan,” ujar Herry.

Selama ini, GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama disinyalir ikut menjadi penyebab terjadinya kemacetan. Dengan penutupan kedua GT tersebut, diharapkan tingkat kemacetan akan berkurang.

Baca juga: 2017, Kawasan Cimanggis Akan Menjadi Area Sunrise Property

Menurut Herry, proses integrasi kedua GT ini butuh perencanaan matang. Tak hanya dari sisi kajian, tetapi juga dari sisi penyiapan infrastruktur. Secara fisik proses penggarapan infrastruktur tersebut sudah hampir rampung. Namun, ia tak ingin terburu-buru menerapkan integrasi pembayaran itu sebelum matang sepenuhnya.

“Karena bekerja di antara arus lalu lintas kan juga tidak mudah. Nanti kami cek dulu kesiapannya,” kata Herry menambahkan.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me