Asal Tahu Aja, MRT Dukuh Atas Akan Diprioritaskan!

Big Banner
Pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT), di tengah kemacetan kota Jakarta. FOTO: Rumah123/Jhony Hutapea.

Moda transportasi massal atau MRT di Jakarta sedang disiapkan. Di sejumlah stasiun MRT, PT Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta tengah merancang rencana induk atau masterplan untuk pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Terdapat dua tahap rencana induk yang disiapkan MRT Jakarta dengan total 8 TOD. Pada tahap pertama, MRT Jakarta merencanakan 4 kawasan TOD, antara lain di Dukuh Atas.

Baca juga: Ngarep MRT, Sudah Sampai di Mana Ya?

“Rencana (masterplan) ini akan berjalan terus dengan target di akhir tahun ini akan selesai paling tidak yang di Dukuh Atas,” kata Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono, di Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (6/7).

Dari 4 kawasan tersebut, Dukuh Atas akan diprioritaskan. Dukuh Atas memang menjadi titik pertemuan moda transportasi publik terbanyak dibandingkan yang lain. Di titik tersebut, saat ini sudah terdapat Stasiun Kereta Komuter Sudirman dan Halte TransJakarta Dukuh Atas.

Baca juga: Luar Biasa! Stasiun Kereta Ini Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal Lainnya

Nantinya, selain stasiun MRT, akan ada stasiun kereta bandara dan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Dukuh Atas.

“Untuk 4 TOD itu prosesnya 9 bulanan. Semoga akhir tahun ini atau awal tahun depan kita akan punya panduan rancang kota atau Urban Design Guide Lines (UDGL) untuk kawasan-kawasan TOD di sekitar MRT,” kata Agung lagi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me