Beli Properti di Hong Kong? Mimpi Aja Dulu Kali Ya!

Big Banner

 

Seorang warga berjalan di antara gedung hunian Hong Kong di mana terdapat apartemen berukuran peti mati di dalamnya. Foto. AP Photo/Kin Cheung

Pengin punya properti di Hong Kong? Mungkin cuma mimpi! Pasalnya, saat ini harga properti di kota ini merupakan yang termahal di dunia.

Punya rumah di Hong Kong kini semakin sulit karena harga tanah sudah mengalami peningkatan hingga 89% sejak 1997 berdasarkan data CBRE. Kota ini juga memiliki peringkat sebagai kota yang paling tidak terjangkau selama 7 tahun berturut-turut menurut Firma Demographia.

Kabarnya harga properti di kota niaga ini terus terdongkrak karena perusahaan China saat ini mulai membangun gedung perkantoran di kota dunia ini. Akibatnya, harga sewa ruang kantor pun melambung.

Baca juga: Potret Kelam Hunian di Balik Gemerlap Hong Kong

Perusahaan semacam Gucci dan Burberry pun dikabarkan minggir dari kota pusat bisnis dunia ini ke daerah pinggiran yang harga sewanya jauh lebih murah.

“Apa yang kita lihat selama beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan China mulai menganggap Hong Kong sebagai batu loncatan untuk mendunia yang lebih luas lagi,” kata Kepala Peneliti untuk Hong Kong di Broker JLL seperti dikutip CNN Money, Selasa (4/7).

Mau gambaran seberapa mahal properti di Hong Kong? Media Tiongkok South China Morning Post yang melansir data dari Building Department di Hong Kong, menyebut harga dan luas unit apartemen mini yang dibangun Wisdom Gaining.

Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Meskipun unit hunian vertikal tersebut diklaim paling kecil di Hong Kong (luasnya 46 meter persegi termasuk balkon), namun harganya mencapai 20.000 dolar Hong Kong (sekitar Rp34,2 juta) per meter persegi. Secara rata-rata, mencapai 3 juta dollar Hong Kong (sekitar Rp5,1 miliar) per unit.

Rekor pembelian unit apartemen mini di Hong Kong terjadi pada 2016 lalu. Unit apartemen One Prestige seluas 49 meter persegi yang dikembangkan Henderson Land di kawasan North Point, terjual dengan harga Rp6,6 miliar saja!

Sekadar membandingkan, harga sewa ruang kantor utama di pusat Kota Hong Kong rata-rata 264 dolar AS per kaki persegi per tahun. Angka ini jauh lebih tinggi daripada bagian barat London yang sebesar 146 dolar AS atau 144 dolar AS untuk Midtown di Manhattan New York (versi CBRE).

Kalau  unit terkecil hunian di Hong Kong mencapai harga Rp5-6 miliar, masihkah kamu mimpi beli rumah di Hong Kong? Mending di Jakarta aja ah!

 

 

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me