Mau Beli Rumah Mungil Seharga Rp 2,5 Miliar?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Kodasema (Rumah123/Dezeen)

Krisis perumahan di Inggris membuat perusahaan desain asal Estonia, Kodasema untuk merilis rumah mikro seluas 25 meter persegi. Kalau di Indonesia, mungkin lebih cocok diklaim sebagai rumah sangat sederhana atau apartemen studio kali ya?

Kodasema memberikan garansi kalau Rumah Koda ini bisa dibangun dalam waktu sehari dan bisa ditaruh di lokasi yang kosong.

Baca juga: Beli Rumah, Lalu Dijual, Dapat Untung 57 Persen! Mau Ikutan?

Mau tahu harganya? Kodasema membandrol rumah ini dengan harga 150.000 pound (Rp 2,5 miliar)! Kodasema memasukkan harga perencanaan dan regulasi membangun, ongkos membangun, persiapan lahan, serta instalasi dan koneksi untuk air, listrik, dan sistem pembuangan.

Rumah ini tidak membutuhkan fondasi dan bisa dipindahkan dengan alat pengangkut. Kodasema ingin mengubah pasar properti Inggris dengan mendorong orang untuk berani membangun rumah dan memanfaatkan tanah kosong.

Baca juga: Hotel Mewah Ini Dulunya Rumah Bandar Narkoba Kelas Dunia

Perusahaan ini melihat potensi desain yang bisa dirancang di pabrik dan dijangkau untuk segala situasi. Kodasema juga menyarankan rumah ini sebagai rumah musim panas berbiaya rendah, cafe, kantor, workshop, studio, hingga kelas.

Solar panel dipasang di atas atap rumah untuk mendapatkan listrik dari sinar matahari. Pengaturan di dalam rumah mencakup alarm, lampu LED, dan juga pengaturan suhu.

Baca juga: 5 Negara Ini Berikan Rumah Gratis untuk Warganya

Dinding rumah ini terbuat dari material logam yang bisa membuat ruangan vakum sehingga bisa menjadikannya tetap hangat atau dingin tergantung cuaca. Dinding juga bisa ruangan kedap suara.

Sebuah kaca berukuran besar dipasang di depan rumah. Rumah ini sendiri terdiri dari sebuah ruangan besar, dengan dapur berada di lantai bawah dan kamar tidur berada di lantai mezzanine. Kamar tidur berada tepat di atas dapur.

Baca juga: Siapa Mau Beli Rumah Pesulap Harry Houdini?

Mau beli Rumah Koda? Rumahnya keren sih ya, tetapi harga Rp 2.5 miliar, mendingan kamu beli rumah mewah di pinggiran Jakarta atau apartemen mewah di tengah kota ya, dari pada rumah mungil berukuran 25 meter persegi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me