Banyak Negara yang Sudah Memindahkan Ibu Kotanya, Sekarang Giliran Indonesia

Big Banner
Bundaran HI, Jakarta (Rumah123/iStockphoto)

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia kembali muncul. Sebenarnya, sudah sejak lama ibu kota akan dipindahkan dari Jakarta.

Ibu kota provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya menjadi salah satu kandidat. Kota ini sudah disebut sejak era Presiden Soekarno.

Baca juga: Perkuat Kolaborasi dengan Agen Properti, UOB Luncurkan Aplikasi Online

Sementara kawasan Jonggol menjadi pembicaraan ketika Presiden Soeharto masih berkuasa. Wilayah ini sempat diproyeksikan menjadi ibu kota baru.

Sesungguhnya, pemindahan ibu kota bukanlah hal baru. Sederetan negara sudah pernah mengalaminya.

Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

Pada 1800, Amerika Serikat memindahkan ibu kota ke Washington DC (District of Columbia). Kota ini dipilih untuk menghindari perselisihan kekuasaan antara dua kubu yang berseteru pada Perang Sipil.

Nigeria memindahkan ibu kota pada 1991 dari Lagos ke Abuja. Kota ini dipilih dengan alasan geografis dan juga kemudahan akses ke seluruh negeri.

Baca juga: Perkuat Kerja Sama, Rumah123 dan ERA Indonesia Bakal Edukasi Agen Properti

Selain itu, Lagos sudah terlalu padat penduduk lantaran disesaki 22 juta orang. Lagos menjadi salah satu kota terpadat di benua Afrika.

Belize yang terletak di Amerika Tengah juga memindahkan ibu kotanya dari Belize City ke Belmopan pada 1970. Sebelumnya, Belize City hancur oleh Topan Hattie pada 1961.

Baca juga: Sinar Mas Land Borong Tiga Penghargaan Asia Pacific Property Awards 2017

Lantaran Rio de Janeiro sudah padat, Brasil memindahkan ibu kota ke Brasilia pada 1960. Brasilia berada di tengah Brasil. Kota ini juga terkenal lantaran desain arsitek legendaris Oscar Niemeyer.

Australia memilih Canberra sebagai ibu kota baru pada 1913 sebagai kompromi antara dua kota terbesar di negeri ini, Sydney dan Melbourne.

Baca juga: ICE BSD City Meraih Penghargaan Bergengsi Internasional

Pakistan memindahkan ibu kota dari Karachi ke Islamabad pada 1967 dengan alasan tidak mudah diserang. Negara ini punya potensi besar soal konflik bersenjata.

Tetangga Pakistan, India memindahkan ibu kota dari Kalkuta ke New Delhi pada 1912 dengan alasan kawasan ini lebih netral. By the way, saat ini Kalkuta bernama Kolkata.

Baca juga: Ibu Kota Pindah, Pertumbuhan Harga Properti Jakarta Akan Melambat

Lokasi ibu kota yang berada di tengah negara juga menjadi alasan Myanmar memindahkan ibu kota dari Yangon ke Naypyidaw pada 2005. Ibu kota baru ini berjarak 320 km dari ibu kota lama.

By the way, masih ada sederetan negara yang memindahkan ibu kotanya seperti Palau dan Federasi Micronesia. Nah, dua negara ini berada di Samudra Pasifik.

Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

Hmm, kira-kira Indonesia bakal memindahkan ibu kota ke mana ya? Jadi penasaran nih.

rumah123.com