Outlook Bisnis Properti Smester, II/’17 Sub Sektor Kasawan Industri

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juli 2017 menurunkan ulasan tentang outlook bisnis properti pada semester II 2017. Di sub sektor Kawasan Industri misalnya mengutip Colliers Internasional Indonesia mencatat penjualan lahan industri sepanjang kuartal I/2017 mencapai 50,72 hektare, meningkat 153,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dengan penjualan seluas 20 hektare.

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International, 2017 akan menjadi tahun kegemilangan kinerja penjualan lahan industri, melanjutkan tren kenaikan yang terjadi pada awal tahun ini. Pertumbuhan penjualan lahan industri pada kuartal pertama tahun ini juga akan meningkatkan optimisme para pengembang.

“Sama seperti sektor lainnya, sebenarnya lahan industri sempat mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir, tetapi ke depannya sektor itu dipastikan menjadi yang paling pertama bangkit,” katanya.

Ferry menuturkan ekspansi perusahaan asal China dan Jepang masih akan menjadi yang paling banyak mengisi lahan industri di Indonesia hingga 3 tahun mendatang. Pasalnya, investor kedua negara tersebut kerap memboyong pabrik dari negaranya untuk membuka cabang di lahan industri yang telah dibeli di dalam negeri. Menurutnya, kinerja baik penjualan lahan industri akan memengaruhi sektor yang lain, terutama hunian dan komersial, seperti pusat ritel dan hotel. Selain itu, baiknya penjualan lahan industri juga akan mengerek kinerja apartemen sewa untuk menyasar potensi permintaan dari ekspatriat yang bekerja di kawasan industri.

Sementara Sanny Iskandar, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri atau HKI mengatakan, tahun ini penjualan lahan industri akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena tingginya minat investor menanamkan modal di Indonesia. Seluruh pelaku usaha juga telah menyatakan komitmennya mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan wilayah.

Sanny juga menyebut program pemerintah yang membangun kawasan industri di setiap wilayah juga akan meramaikan pasar sektor tersebut di dalam negeri. Apalagi pemerintah telah berhasil menciptakan banyak kawasan industri dengan perbaikan infrastruktur. “Ada dua hal yang akan mendukung pertumbuhan lahan industri tahun ini, yakni infrastruktur dasar termasuk pelabuhan, pembangkit listrik, dan gas; serta pengembangan kawasan oleh pemerintah dan swasta,” katanya.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me