Perumahan Perlu Ditangani Departemen Sendiri

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bidang perumahan nasional perlu ditangani kementerian khusus yang bertanggung jawab langsung ke presiden.  Perumahan merupakan persoalan kompleks dan terus menjadi masalah nasional karena terkait pertumbuhan dan penataan kota. Dari beberapa periode pemerintahan perumahan pernah ditangani oleh kementrian sendiri, yaitu Kementrian Negara Perumahan Rakyat dan pada masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) digabung dengan Kementrian Pekerjaan Umum.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Saya punya mimpi persoalan perumahan bisa dikelola oleh kementerian tersendiri, ini sesuai dengan amanat undang-undang (UU) karena perumahan menjadi urusan negara. Perumahan harus dikaitkan dengan urban, jadi namanya urban and housing development,” ujar  mantan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) yang kini anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Suharso Monoarfa, pada acara halal bihalal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta, Kamis (6/7).

Suharso berharap adanya undang-undang (UU) khusus yang menangani perumahan dan perkotaan.  UU ini diperlukan agar pola pikir dan pola kerja di bidang ini sifatnya nasional. Sekarang bidang ini digarap  pemerintah pusat tapi pelaksanaannya di daerah sering tidak sinkron. Di sejumlah negara besar dengan sistem kabiner presidensial pemerintahannya memiliki Department Housing and Urban Development yang berhasil menangani masalah perumahan dan perkotaan. Salah satunya Amerika Serikat (AS), dari 15 kementerian yang ada Department Housing and Urban Development  merupakan salah satu dari empat kementerian dengan anggaran terbesar. Dengan anggaran besar urusan perumahan dan urban yang menjadi program pemerintah pusat (federal) menjadi instrumen untuk mengikat negara-negara bagian.

“Instrumen perumahan di AS sudah dijalankan sejak tahun 1937 dan dengan anggaran besar AS masih kekurangan perumahan (backlog). Makanya AS terus berinovasi khususnya soal skema pembiayaan dan terus menambang landbank. Kita harus bisa belajar dari pola-pola seperti ini sehingga perumahan kita terus membaik,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me