Outlook Bisnis Properti Smester, II/’17 Sub Sektor Ritel

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Juli 2017 menurunkan ulasan tentang outlook bisnis properti pada semester II 2017. Di sub sektor ritel. MPI mengutip Head of Research Jones Lang Lasalle James Taylor yang mengatakan bahwa serapan pasar properti retail pada kuartal I 2017 rendah.

“Sebab, suplainya terbatas, sementara tingkat keterisiannya (okupansi) tinggi,” kata James Taylor. Pada kuartal I 2017, serapan pasar properti retail berada di angka 1.100 m2 dengan tingkat keterisian 89%. Kemudian existing stock-nya berada di level 2,8 juta m2 dengan rental outlook yang bertumbuh.

Menurut Taylor, kondisi pasar properti retail sangat stabil untuk saat ini, meski kondisi penyerapannya lebih rendah sejak 2014 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebelum 2014, rata-rata serapannya adalah 166.500 m2 dan turun menjadi 62 ribu m2 sejak 2014 hingga 2016. Kondisi ini ditambah dengan hanya dibangunnya dua pusat perbelanjaan dalam lima tahun ke depan, yaitu Pondok Indah Mall III dan AEON Mall. Sedangkan pada kuartal I 2017, tak ada pembangunan properti retail baru di Jakarta.

Taylor menuturkan pihaknya memprediksikan tingkat keterisian pasar retail pada lima tahun ke depan masih akan tinggi, yakni di atas 90%. Begitu pun tingkat sewa pasar retail yang masih akan tinggi dalam lima tahun ke depan. MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me