Berkebun Bisa Kurangi Risiko Kanker Bagi Wanita

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Berkebun? Hmm, buat kamu kaum hawa saatnya jangan malas lagi untuk tidak menggerakkan tangan merawat tanaman.

Mungkin kamu sayang kalau tangan mulus dan kuku panjang yang kamu pelihara malah kotor dan rusak akibat merawat tanaman. Padahal memiliki tanaman di rumah itu banyak manfaatnya lho.

Baca juga: Ayo, Pasang Jendela Berukuran Besar Supaya Hunian Terang dan Sehat!

Kamu bisa memiliki ruang hijau sehingga rumah terlihat sehat dan menarik. Selain itu, kalau kamu rajin beraktivitas, kamu akan terhindar dari kanker lho.

Media Inggris, Telegraph melansir sebuah riset terbaru yang dilakukan World Cancer Research Fund bahwa berkebun bagi wanita dewasa bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 13 persen.

Baca juga: Ayo, Atur Dapur dan Biasakan Makan yang Sehat

Riset yang tergolong besar dalam dekade ini juga meneliti efek dari olahraga, diet, dan alkohol terhadap kanker payudara, tipe yang biasanya terjadi pada wanita.

Setelah meneliti semua dampak dari faktor gaya hidup terkait risiko kanker payudara, ada kesimpulan kalau 6.000 kasus bisa dicegah kalau wanita mau meluangkan waktu minimal 30 menit untuk beraktivitas olah raga.

Baca juga: Mau Rumah Sehat? Bikin Dong Pencahayaan Alami Seperti Rumah Ini

Aktivitas berat seperti lari bisa membuat perbedaan besar sebelum wanita mengalami fase menopause. Mereka yang beraktivitas seperti ini akan mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 17 persen dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif.

Bahkan, dengan aktivitas sedang seperti berjalan dan berkebun ditemukan fakta kalau lebih menguntungkan bagi wanita dengan adanya pengurangan risiko kanker payudara sebesar 13 persen.

Baca juga: Ingin Selalu Menyantap Makanan Sehat? Pasang Cermin di Ruang Makan!

Mau terkena kanker payudara? Tentunya nggak mau dong. Makanya yuk berkebun. Selain bikin tubuh sehat, berkebun juga bisa mempercantik rumah lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me