Rumah Mungil, Hati Ga Usah Kecil Ah!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/iStock

Rumah berukuran kecil saat ini bisa jadi alternatif pilihan, bahkan keterpaksaan. Rumah kecil, hati gak perlu ikut kecil ah! Tetap berbesar hati aja! Soal ukuran rumah yang kecil urusannya gak melulu soal kemampuan kocek lho! Bisa juga ini perkara irit.

Bicara soal rumah kecil, sebutannya yang lebih gaya adalah rumah minimalis. Rumah minimalis sebenarnya tak merujuk pada ukuran yang kecil, tapi pada gaya atau desain rumah.

Kalau mengintip arsitag.com, awal munculnya konsep desain rumah minimalis adalah sebagai bentuk efisiensi penggunaan bahan bangunan. Biasanya pada konsep desain rumah lain, penggunaan bahan bangunan sangat banyak.

Baca juga: Wow, Keren Lho Rumah Minimalis dengan Eksterior Beton Ekspos

Selain dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan terkurasnya sumber daya alam, juga membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membangunnya.

Jadi, kalau kamu mampunya beli rumah kecil semisal Tipe 21 dengan luas lahan 60 meter persegi atau lebih kecil daripada itu, gak perlu malu atau kecil hati. Tetaplah berbesar hati, karena tinggal di rumah mungil justru lebih ’’bersahabat’’ dengan kantongmu. Kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membayar listrik, misalnya.

Rumah mungil pastinya akan memiliki ruang terbatas. So, barang-barang elektronik yang bisa kamu beli pun terbatas. Dengan demikian, beban listrik pun tidak setinggi ketika tinggal di rumah berukuran besar.

Baca juga: Siasati Dana Terbatas, Pasangan Ini Memilih Bangun Rumah Desain Minimalis

Selain hemat biaya, tinggal di rumah mungil juga tidak mengeluarkan energi banyak saat berbenah. Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus menyewa jasa asisten rumah tangga.

Begitu juga halnya ketika melakukan dekorasi. Kamu gak perlu meluangkan banyak waktu untuk itu. Yang perlu kamu lakukan hanya memadupadankan warna dinding dengan karpet, lampu, atau furnitur lainnya.

Nah, bicara soal furnitur, kembali kamu akan sangat menghemat biaya karena hanya bisa membeli beberapa perabotan saja. Toh, kamu gak bisa memaksakan diri untuk membeli banyak furnitur karena akan membuat rumah tambah sempit.

Keunggulan lain dan tak kalah penting jika tinggal di rumah mungil adalah suasana yang akrab bersama keluarga. Ya, rumah berukuran kecil ’’memaksa’’ pemilik rumah berinteraksi satu sama lain.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me