Syukurlah, Bertambah Lagi Pengembang yang Menyediakan Rumah bagi MBR

Big Banner

Ini hanya sekadar gambaran rumah subsidi Tipe 25 dengan luas tanah 60 meter persegi. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Kini Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) semakin berpeluang bisa punya rumah. Pasalnya, ada organisasi pengembang yang baru dibentuk. Apakah itu? Pengembang Indonesia (PI) yang mengklaim diri berkomitmen menyediakan rumah bagi MBR.

“Gagasan ini berkembang untuk mengisi kekosongan peran dari organisasi perusahaan pengembang yang ada,” ujar Ketua Umum PI, Barkah Hidayah, saat deklarasi PI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (7/7), seperti dikutip Kompas.com.

Organisasi perusahaan pengembang yang sudah ada antara lain Real Estat Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Baca juga: Apersi: Anggaran Ideal untuk Program Sejuta Rumah Rp60 Triliun

Secara nasional, Barkah berharap PI dapat mendukung kepentingan pembangunan infrastruktur dan permukiman yang ramah lingkungan. Dia pun berharap perumahan bagi MBR bisa tersedia tanpa adanya kepentingan pihak-pihak tertentu.

Menurutnya, selama ini ada keberpihakan yang tak seimbang. Pada satu sisi berperan organisasi pengembang yang berorientasi pada permukiman elite. Di sisi lain, ada organisasi pengembang yang berperan di wilayah permukiman MBR. “Maka kehadiran PI menjadi penting sebagai poros yang mengakomodasi keduanya,” kata Barkah.

Baca juga: Dear Developers, Bikin Foto Proyek Bagus Dong untuk Online!

PI telah dikukuhkan melalui Surat Keterangan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) pada 23 Januari 2017 dengan nomor AHU-0000636.AH.01.07 Tahun 2017.

Perkembangan terakhir lima bulan ini yakni telah terbentuk 26 pimpinan pengurus di tingkat provinsi se-Indonesia. Mohammad Hidayat ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal dan Siswoko Sumadi sebagai Bendahara Umum. Jumlah anggota PI kini sudah lebih dari 300 perusahaan pengembang.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me