Tau Gak Sih, Harga Rumah Ternyata Bisa Turun!

Big Banner

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Cuma properti yang harganya selalu naik hingga sektor ini menjadi daya tarik investasi yang menggiurkan. Jika sebuah rumah yang harganya saat ini ditaksir sekitar Rp500 juta, satu tahun ke depan sudah pasti akan mengalami kenaikan.

Ternyata, pemikiran demikian tidak sepenuhnya benar. Harga properti juga bisa turun! Artinya, jika rumah dengan spesifikasi tertentu bisa naik dari Rp300 juta menjadi Rp500 dalam dua tahun, penurunan yang terjadi bisa menghambatnya. Alhasil, rumah kamu hanya bisa dihargai Rp375 juta saja dalam kurun waktu sama.

Baca juga: Dulu Rp90 Juta, Kini Harga Rumah di Pakuan Regency Capai Rp500 Jutaan

Kenaikan harga hanya terjadi pada tanah tempat bangunan rumah berdiri. Sementara harga rumah justru menyusut. Ladia, karyawan sebuah perusahaan teknologi di Jakarta menceritakan hal senada.

“Saya niat beli rumah seken dengan KPR, dan pihak bank menjelaskan kalau mereka harus melakukan appraisal dulu,” ujar wanita berusia 35 tahun tersebut. “Tapi pas diinfo bangunannya sudah 20 tahun, orang bank-nya  bilang kemungkinan bangunan rumah sudah sulit diperhitungkan harganya.”

Seorang arsitek, Yudhi Yogaswara, menegaskan hal itu sangat mungkin terjadi. Meski mengaku tak tahu persis cara menghitung penyusutan nilai itu, Yudhi mengatakan, lahan bangunan memang membantu mendongkrak harga properti.

Baca juga: Berkali-Kali Turun Harga, Rumah Selebriti Ini Akhirnya Laku Juga!

“Misalnya di kawasan Pondok Indah, meski rumahnya sudah tidak jelas bentuknya, harganya tetap saja mahal,” kata Yudhi mencontohkan. “Karena memang tertolong harga tanah di kawasan Pondok Indah yang cukup tinggi.”

Salah satu yang harus dilakukan untuk mempertahankan nilai rumah adalah perawatannya. Sesekali, saat akhir pekan, luangkan waktu untuk memperbaiki kerusakan kecil di rumah sebelum berdampak parah.

Yang juga wajib diperhatikan adalah material bangunan. Saat membangun sebuah hunian, ada baiknya menggunakan material yang berkualitas. Rumah adalah investasi besar, jadi, jangan asal bangun ya! Kualitas material tetap harus diutamakan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me