Rusun, Rusunawa, Rusunami, Bedanya Apa Sih?

Big Banner
Rumah Susun Sewa Rawa Bebek, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Kalau istilah Rusun, kamu dah tahu kan? Itu kependekan dari Rumah Susun. Pastinya hunian vertikallah! Kalau Rusunawa dan Rusunami? Kalau Rusunawa adalah Rumah Susun Sederhana Sewa, maka Rusunami adalah kepanjangan dari Rumah Susun Sederhana Milik.

Rusun merupakan kategori rumah resmi pemerintah Indonesia untuk tipe hunian bertingkat seperti apartemen, kondominium, dan flat. Tujuan pembangunannya, utamanya sih untuk menjadi solusi kebutuhan hunian di lokasi yang padat penduduk, semisal di wilayah perkotaan. Kehadiran Rusun bisa mengurangi kawasan kumuh di perkotaan.

Kalau kamu berpikir Rusun itu untuk kelas bawah atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), kamu salah. Pasalnya, Rusun itu ada jenis-jenisnya. Ada yang memang untuk kelas bawah, sebutannya Rusun Umum.

Rusun Darul Hikmah. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Akan tetapi, ada juga Rusun yang dibangun untuk kebutuhan khusus atau sosial yang disebut Rusun Khusus. Sementara Rusun Negara dibuat khusus oleh Negara atau Pemerintah untuk dijadikan hunian PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Nah, kalau Rusun Komersial merupakan jenis Rusun yang biasanya sengaja dibangun untuk menjaring keuntungan dan ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke atas.

Rusun Umum terdiri atas Rusunawa dan Rusunami yang sengaja dibuat untuk MBR. Meski tampilan bangunannya bisa saja sama, namun untuk Rusunawa harus menyewa langsung dari pengembangnya.

Rusun bagi santri dan mahasiswa di Sulawesi Selatan. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Gimana dengan Rusunami? Ini merupakan hunian program pemerintah yang bangunannya lebih dari 8 lantai. Biasanya disebut dengan Apartemen Bersubsidi. Ya ketimbang menyebutnya Rusunami yang berkonotasi kelas bawah, maka para pengembang lebih memilih sebutan Apartemen Bersubsidi. Kata “apartemen” lebih bergengsi kan kedengarannya?

Jenis subsidinya bisa berupa Subsidi Selisih Bunga (SSB) hingga maksimum 5% (sesuai golongan), Bantuan Uang Muka (BUM) hingga maksimum Rp7 juta (sesuai golongan), dan bebas PPN.

Rusun. Foto: Rumah123/Ist

Rusunawa biasanya dibangun oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sedangkan Rusunami dibangun oleh perusahaan pengembang (developer).

Nah, sekarang gak bingung lagi kan apa itu Rusun, Rusunawa, dan Rusunami? Serupa, tapi tak sama!

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me