7 Bangunan Ikon Arsitektur Amerika (Bagian 4)

Big Banner
Museum Solomon R. Guggenheim, New York, Amerika Serikat (Rumah123/Elledecor)

Museum dengan bentuk spiral ini pernah menjadi lokasi syuting The International (2009), sebuah film thriller yang dibintangi oleh Clive Owen dan Naomi Watts.

Buat kamu penggemar film thriller action mungkin pernah menyaksikan film yang menampilkan duet aktor ganteng dan aktris cantik ini.

Baca juga: 7 Bangunan Ikon Arsitektur Amerika (Bagian 1)

Keenam, Solomon R. Guggenheim Museum, New York. Arsitek: Frank Lloyd Wright. Museum ini digagas oleh Solomon Robert Guggenheim, seorang konglomerat yang juga kolektor benda seni dan filantropis.

Pembangunan Museum Solomon R. Guggenheim baru selesai pada Oktober 1959. Saat museum ini selesai, Guggenheim sudah meninggal 10 tahun silam, begitu juga dengan Wright yang wafat enam bulan sebelumnya.

Baca juga: Eh, Ada Aplikasi yang Bisa Bikin Hunian Jadi Lapang

Kehadiran museum ini memang unik dan tidak biasa pada era tersebut. Bentuk museum ini silinder dan pengunjung akan memasuki bangunan yang desain interior spiral hingga ke bagian atap yang terbuat dari kaca.

Wright menyatakan kalau desain museum ini membuat bangunan dan pemasangan lukisan tidak terganggu, membentuk simfoni indah yang belum pernah di dunia seni sebelumnya.

Baca juga: 7 Bangunan Ikon Arsitektur Amerika (Bagian 2)

John F. Kennedy Presidential Library & Museum, Boston, Amerika Serikat (Rumah123/Elledecor)

Ketujuh, John F. Kennedy Presidential Library and Museum, Boston. Arsitek: I.M. Pei. Saat Presiden Amerika Serikat lengser, mereka akan memiliki museum dan perpustakaan sendiri.

Pembangunan museum dan perpustakaan ini dimulai pada 1977 dan dibuka pada 1979. Saat dibuka, Presiden John F. Kennedy malah sudah tiada. Dia tewas didor di Dallas, Texas pada 1963.

Baca juga: Cantiknya Beranda Rumah Sosialita Kourtney Kardashian

Arsitek I.M Pei mendesain bangunan ini. Arsitek yang berusia 100 tahun pada 2017 ini mendesain museum dan perpustakaan ini dalam bentuk geometri yang sederhana. Desain bangunan ini selaras dengan lanskap sekitar yang berada di perbukitan.

I.M Pei yang berdarah Tiongkok ini dikenal sering mendesain museum. Salah satunya adalah Louvre di Paris, Prancis dan Museum of Islamic Art di Qatar.

Baca juga: 7 Bangunan Ikon Arsitektur Amerika (Bagian 3)

Wow, keren ya museum dan perpustakan di luar negeri. Hmm, kira-kira kalau Indonesia, apa sih museum dan perpustakaan yang kekinian? Keren kan kalau bisa sering mengunjungi museum bersama teman-teman, pacar, atau keluarga.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me