BTN Danai Perumahan MBR Pesona Bukit Batuah di Balikpapan

Big Banner
Perumahan Pesona Bukit Batuah yang didukung BTN. Foto: TribunKaltim

Ribut-ribut Ibu Kota Republik Indonesia akan pindah ke Kalimantan, Bank Tabungan Negara (BTN) malah sudah lebih dulu sampai di sana. Sejak 2015, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng PT Karya Pama Marga Abadi membangun rumah tapak (landed house) murah bernama Pesona Bukit Batuah.

Perumahan yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) itu berlokasi di Batu Ampar Balikpapan Timur. Tersedia Tipe 36/87,5 dengan harga per unit Rp135 juta. Untuk Kredit Pemillikan Rumah (KPR)-nya, uang muka (DP) sebesar 1% (sekitar Rp1,35 juta) dan bunga cicilan tetap 5% (fixed) hingga 20 tahun dengan cicilan sekitar Rp800.000 per bulan.

Baca juga: Melalui KPR-BTN, Pengemudi GO-JEK Ini pun Kini Punya Rumah!

Proyek perumahan Pesona Bukit Batuah akan berdiri di atas lahan seluas 21 hektare. Rumah yang akan dibangun sekitar 1.291 unit. Direktur Utama BTN, Maryono, menjelaskan, dari sekitar 428 unit rumah yang telah dibangun, akad KPR yang sudah ditandatangani 319 unit rumah, dan rencananya hari ini (Kamis, 13 Juli 2017) akan diteken akad KPR untuk sekitar 200 unit rumah.

Selain PT Karya Pama Marga Abadi, BTN juga bermitra dengan perusahaan pengembang lain, yakni PT Graha Nusa Pertiwi dan PT  Borneo Delapan Enam. Ada 1.072 akad KPR yang akan direalisasikan dari potensi 2.250 unit rumah yang telah dibangun oleh kedua pengembang tersebut. Untuk proyek tersebut, BTN juga telah menyalurkan Kredit Konstruksi senilai Rp57,5 miliar.

Baca juga: Ini Syarat Ajukan KPR BTN Mikro, Siaaap?

“Seiring dengan makin pesatnya perkembangan infrastruktur yang dibangun Pemerintah di Kalimantan, permintaan rumah tinggal juga naik, kami melihat potensi KPR tahun ini di Kalimantan mencapai lebih dari 31.000 unit rumah,” kata Maryono dalam peresmian Pesona Bukit Batuah di Balikpapan, Kamis (13/7), yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me