Ternyata Banyak Negara yang Memiliki Dua Ibu Kota Sekaligus

Big Banner
Putrajaya, Malaysia (Rumah123/iStockphoto)

Ibu kota Indonesia mau pindah dari Jakarta? Pindah ke mana ya? Palangkaraya atau Jonggol? Ke mana pun itu, sebenarnya Jakarta masih bisa menjadi ibu kota negara.

Sementara kota yang diproyeksikan menjadi ibu kota baru bisa menjadi ibu kota pemerintahan. Jakarta akan menjadi pusat bisnis dan keuangan. Sejumlah negara memiliki dua ibu kota lho.

Baca juga: Ramadan Bikin Sepi Pasar Properti? Siapa Bilang?

Negara tetangga Malaysia beribu kota di Kuala Lumpur. Namun pusat pemerintahan berada di Putra Jaya, sebuah kota baru berjarak 35,8 km dari Kuala Lumpur.

Putra Jaya menjadi kota kediaman Perdana Menteri Malaysia, Raja Malaysia, serta kantor pemerintahan. Kota ini resmi menjadi pusat pemerintahaan sejak 1999.

Baca juga: 5 Negara Ini Berikan Rumah Gratis untuk Warganya

Belanda memiliki dua ibu kota yaitu Amsterdam dan The Hague. Amsterdam menjadi ibu kota resmi dan kota kerajaan, sedangkan The Hague menjadi kota administrasi pemerintahan,

Selain itu, masih ada sejumlah negara yang memiliki dua ibu kota seperti Benin, Bolivia, Cile, Georgia, Honduras, Pantai Gading, Montenegro, Swaziland, hingga Tanzania.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil Seharga Rp 2,5 Miliar?

Namun, tidak ada yang seunik Afrika Selatan. Negara yang berada di ujung Selatan benua Afrika ini malah memiliki tiga ibukota.

Pretoria menjadi ibu kota administratif dan tempat eksekutif berada. Cape Town menjadi kota legislatif berada dan Bloemfontein menjadi kota yudikatif berada.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me