Kalau DP 0%, Berapa Ancer-Ancer Cicilannya dari Gaji Rp7 Juta?

Big Banner
Foto ilustrasi: Rumah123/iStock

Sudah tahu kan bahwa yang bisa ikut program pembelian rumah DP 0% Anies-Sandi adalah yang bergaji Rp7-10 juta? Nah, gimana sih itung-itungan besar cicilan setiap bulannya? Sanggupkah kamu mencicilnya?

Rumah yang ditawarkan dalam program ini taruhlah berada di kisaran Rp350 juta. Dengan uang muka (DP/Down Payment) nol rupiah dari penghasilan Rp7 juta per bulan, maka cicilan yang harus dibayar setiap bulannya ya sekitar Rp2 juta sampai Rp2,5 juta.

Baca juga: Halooo… Yang Bergaji Rp7-10 Juta, Bisa Ikut Program Rumah DP 0% Anies-Sandi

“Kalau (penghasilan) Rp7 juta kan dia bisa mencicil kurang lebih sepertiganya, kurang lebih Rp2 juta sampai Rp2,5 juta. Itu artinya dia bisa beli rumah atau apartemen harganya Rp300 jutaan, itu dipas-pasin saja,” kata pengamat properti Ali Tranghanda di Jakarta, seperti dikutip detikFinance, Kamis (13/7).

Dengan cicilan per bulan sekitar Rp2 juta-Rp2,5, maka lamanya cicilan adalah sampai 15 tahun ke depan. Kalau mau 20 tahun juga masih bisa.

Masalahnya yang utama, adakah rumah tapak di Jakarta seharga Rp350 jutaan? Dalam hal ini pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki lahan.

Baca juga: Tang Ting Tung… Hitung Cicilan KPR Biar Tetap Untung!

Menurut Ali, masalah skema pendanaan, bisa dimodifikasi, yang menjadi masalah saat ini adalah lahan di Jakarta yang terbatas.

Financial engineering bisalah tapi sekarang yang terjadi FLPP sudah 1%, jangan berkutat di 0% habisin energi. Intinya tanahnya di mana (untuk membangun rumah tapak program Anies-Sandi) itu?,” kata Ali.

Kalau merujuk DP yang berlaku sesuai syarat dan ketentuan pihak bank saat ini, yakni DP 15% untuk rumah pertama, maka untuk rumah seharga Rp350 juta, besar DP-nya adalah Rp52,5 juta.

Baca juga: Buy Back, Solusi untuk KPR yang Macet Akibat DP 0%

Dengan nominal DP tersebut, maka jumlah dana yang akan ditanggung bank sebesar Rp297,5 juta. Kalau suku bunga KPR-nya 10% per tahun, secara sederhana hitungannya cukup dikalikan 1,5 kali dari pendanaan pokok bank, sehingga biaya yang harus dicicil sekitar Rp446,25 juta.

Total angka tersebut tinggal dibagi berapa kira-kira waktu cicilan yang diambil. Jika 5 tahun berarti setahunnya harus dibayar Rp89,25 juta, jika dibagi 12 maka per bulan cicilannya Rp7,437 juta.

Baca juga: Uang Muka Nol Persen Ga Mustahil Kok, Kalau…

Sedangkan kalau lama angsurannya 10 tahun, berarti per tahunnya Rp44,625 juta sehingga cicilan per bulannya sekitar Rp3,7 juta. Sedangkan untuk jangka waktu 15 tahun berarti per tahunnya Rp29,75 juta dan per bulannya Rp2,479 juta.

Itu hitungan kalau DP-nya 15% ya, tapi  kalau 0% tentunya besar cicilannya lebih besar daripada itu. Kecual DP-nya akan dibayarkan oleh Pemprov DKI, maka besar cicilannya persis seperti di atas

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me