Susul Cikarang, KI di Cibitung Disulap Jadi Kota Baru

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pengembangan kawasan industri menjadi kota baru tengah berlangsung di sekitar Jakarta. Yang tengah disiapkan adalah Vasanta Innopark yang akan dikembangkan di kawasan industri (KI) MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Vasanta Innopark dikembangkan di area seluas 100 ha yang di dalamnya akan mencakup beragam fasilitas.  Properti yang akan dibangun mencakup apartemen, perkantoran, rumah sakit, hotel, pusat komunitas Jepang, shoping street, universitas, dll.

Vasanta-InnoPark-Cibitung-Bekasi

Pengembangan proyek ini akan membuat kawasan timur Jakarta semakin kinclong dan tumbuh menjadi pusat pertumbuhan yang menarik. KI Jababeka dan Lippo Cikarang sudah lebih dulu bermetamorfosa menjadi kota baru. Lippo Cikarang kini tengah gencar mengembangkan Meikarta (500 ha) dan sebelumnya Orange County. Apartemen yang dipasarkan mendapat sambutan gegap gempita, konon di Meikarta dalam dua bulan terjual puluhan ribu unit.

Menurut Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia (CII) Ferry Salanto, perubahan konsep KI ini jadi tren karena potensi keuntungannya lebih menarik. Dulu pengelola KI hanya menyiapkan infrastruktur kemudian menjual kaveling industry kepada perusahaan.

“Sekarang sudah jarang pengembang yang menjual kaveling industri hingga puluhan ha, bukan karena tidak ada peminat tapi dikembangkan sendiri dirasa lebih menguntungkan dan ternyata di situ ‘dagingnya’. Tren ini bisa dilihat di kawasan industri Cikarang dan di Serang yang konsepnya pengembangannya mulai diubah,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, akhir pekan lalu.

Perubahan konsep ini dinilai Ferry hal wajar karena hasilnya bagi pengembang lebih optimal. Selain beberapa KI tadi yang melakukan hal serupa KI Cikande, Serang, Banten, yang dikembangkan Modernland Group.  Di kawasan ini dibangun hotel untuk menunjang aktivitas di kawasan industrinya yang kian padat.

Pengembangan kota baru di Bekasi ini memanfaatkan gencarnya pembangunan infrastruktur di kaasan. Beberapa proyek yang sedang dan akan dibangun antara lain jalan tol Cibitung-Jagorawi, tol Cikampek 2 (elevated), double double track, LRT (light rail transit) Jakarta-Bekasi Timur, kereta cepat Jakarta-Bandung.

housing-estate.com