Jangan Bilang Kamu Sudah Mandiri Kalau Belum Punya Rumah Sendiri

Big Banner

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Merasa diri sudah mandiri? Kalau masih tinggal sama orangtua atau masih numpang sama mertua, kamu belum bisa dibilang sudah mandiri. Pasalnya, ada beberapa kebutuhan yang masih ditanggung mereka. Akibatnya, kamu jadi gak benar-benar mengelola pendapatanmu secara optimal.

Tinggal sendiri adalah sebuah proses yang sangat penting dalam kemandirian seseorang. Dengan melakukan hal ini, maka kamu siap gak siap ya terpaksa menyelesaikan segala sesuatunya sendiri, termasuk masalah keuanganmu.

Baca juga: Mending Terpaksa Beli Rumah, Ketimbang Tinggal Ama Mertua

Kalau kamu punya rumah sendiri, maka kamu akan belajar mandiri dengan cara menyiasati pendapatanmu untuk mencukupkannya dengan segala kebutuhan hidupmu.

Nah, kata mereka yang sudah mandiri secara finansial, katakanlah Tung Desem Waringin dan Robert T Kiyosaki, punya aset dan berinvestasi adalah langkah mengelola keuangan dengan cerdas.

Tetapkan tujuan keuanganmu untuk jangka panjang, semisal punya rumah. Maka kamu pasti akan mengalokasikan sebagian dari gajimu untuk beli rumah karena nantinya bisa menjadi aset atau investasimu. Aset dan investasi apalagi yang paling bernilai kalau bukan rumah, iya kan?

Baca juga: Cicilan KPR Sampai 30 Tahun, Ga Ada Alasan Tunda Beli Rumah!

Beli rumah itu merupakan perencanaan keuangan yang cerdas. Rencanakan beli rumah sejak kamu menerima gaji pertama. Dengan begitu, kamu akan rajin menabung demi tujuan tersebut.

Jadi, mandiri secara finansial itu bukan hanya berarti kamu sudah bisa cari uang sendiri, melankan juga kamu mampu mengelola keuanganmu dengan tepat.

Baca juga: Beli Rumah Nunggu Berkeluarga Dulu? Wah, Makin Susah Kebeli Tuh!

Percaya deh, menabung dan berinvestasi merupakan cara belajar dan latihan untuk bikin kamu mandiri secara finansial. Pada saat nanti kamu butuh uang dalam jumlah besar untuk membayar uang muka (DP) rumah, misalnya,  kamu gak perlu meminjam ke sana-ke mari. Kamu jadi orang yang lebih independen.

Kalau alasan kamu gak bisa menabung karena nominal gajimu begitu sedikit, maka cobalah mencari alternatif yang bisa menambah isi kocekmu. Adalah hal yang masuk akal kalau hanya dengan gajimu itu kamu tak bisa memenuhi semua kebutuhan hidupmu, maka kamu mencari kerja sampingan. Tentunya yang halal lho!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me