Mimpi Besar Lippo Bersama Meikarta, Laput MPI Juli (2)

Big Banner

Pusat ekonomi Cikarang

Kota Meikarta rencananya akan terhampar di atas total lahan seluas 2200 hektar di kawasan Cikarang – dan diklaim Lippo sebagai jantung ekonomi RI di koridor Jakarta-Bandung. Dipilihnya Cikarang bukan tanpa sebab. Menurut Lippo, sekitar 60% ekonomi nasional RI berada di kawasan Jakarta-Botabek-Bandung, dan 70% nya berada di pusat Bekasi-Cikarang dengan penduduk yang akan mencapai 15 juta dalam waktu 20 tahun ke depan.

Dengan demikian, disinilah keseluruhan perekonomian RI nantinya berpusat. Cikarang juga kelilingi beberapa kota baru seperti Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, dan beberapa kota lainnya. Termasuk, pusat keseluruhan industrialisasi Indonesia, dimana lebih dari satu juta mobil, sepuluh juta motor dan jutaan kulkas, TV serta alat-alat rumah tangga di produksi setiap tahunnya dari ribuan perusahaan-perusahaan raksasa nasional dan multi-nasional, antara lain, Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, Samsung, dan lainnya.

Tak hanya itu, Cikarang juga memiliki kelebihan karena telah dan akan didukung sejumlah fasilitas infrastruktur penting sesuai rencana pemerintah pusat untuk menjadikan koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang- Bandung sebagai ‘Shenzhennya RI’ dan pusat ekonomi terpenting di seluruh tanah air.

Ke depan, Cikarang juga akan dilengkapi kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang- Bandung dengan investasi Rp65 trilliun, pembangunan Patimban Deep Seaport bernilai Rp40 trilliun, pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway bernilai Rp16 trilliun, APM Monorail serta didukung pembangunan lapangan terbang baru ‹Kertajati International Airport› senilai Rp23 trilliun.

Pekerjaan pembangunan dan konstruksi di kawasan Meikarta akan dikelola oleh Lippo sendiri bekerja sama dengan kon traktor nasional seperti Total Bangun Persada, Wika, PP dan lainnya. Tahap pertama dari pembangunan Meikarta direncanakan selesai dalam waktu tiga tahun walaupun akan mulai dihuni pada Desember 2018 mendatang.

Dari lantai bursa, berita dirilisnya proyek baru Meikarta rupanya juga cukup sukses untuk mendongkrak saham dua emiten properti milik Lippo Group yang melantai di bursa, yakni Lippo Karawaci Tbk. dan Lippo Cikarang Tbk. Menurut catatan Yahoo Finance, harga saham Lippo Cikarang Tbk naik dari Rp4.250 jadi Rp4.490 pada penutupan perdagangan di hari pengumuman proyek ini 4 Mei 2017 dibandingkan sehari sebelumnya. Penguatan saham masih berlanjut pada hari-hari berikutnya, hingga menyentuh angka Rp4.870 pada penutupan empat hari setelahnya. MPI Riz

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me