Mimpi Besar Lippo Bersama Meikarta, Laput MPI Juli (1)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi Juli 2017 menurunkan ulasan tentang rencana pengembangan kotamandiri Mekarta yang digagas oleh Grup Lippo.

Lippo Group, Konglomerasi Bisnis Properti Terbesar Di Indonesia Meluncurkan Proyek Raksasa Bertajuk Meikarta. Diklaim Sebagai Proyek Terbesar Yang Pernah Dikembangkan Oleh Sekoci Usaha Mochtar Riyadi Tersebut Dalam 67 Tahun Terakhir.

SEPANJANG Mei lalu pemberitaan mengenai peluncuran proyek Kota Baru Meikarta oleh raksasa properti Lippo Group, rupanya cukup menyita perhatian masyarakat dan para pelaku industri properti di tanah air.
Maklum, proyek dengan perkiraan nilai investasi sebesar Rp278 triliun serta diklaim sebagai proyek terbesar yang pernah dikembangkan Lippo Group sejak 67 tahun terakhir ini digadang-gadang akan lebih indah dari Jakarta dan memiliki fasilitas terlengkap di Asia Tenggara.

“Di dunia properti (Indonesia) lebih dari 10 tahun terakhir tidak ada pentolan-pentolan (properti) yang turun gunung untuk membangun (proyek) yang besar. Mungkin inilah waktunya,” ujar CEO Lippo Group, James Riyadi kepada wartawan usai peluncuran Kota Meikarta, di Jakarta awal Mei lalu.

James menuturkan, Meikarta akan mengusung konsep ramah lingkungan atau konsep hijau yang terinspirasi dari konsep Manhattan Kota New York City, dengan dua ciri khas utama, yaitu one grid system serta centra park. Yang menarik, meski baru diluncurkan, Meikarta sendiri sebenarnya sudah memulai pembangunan sebanyak 250,000 hunian yang diproyeksikan dapat menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan.

Bahkan, pembangun an Meikarta tahap pertama seluas 22 juta meter persegi tersebut sudah di rancang sejak 2014 lalu, sementara pekerjaan fi sik sudah dimulai sejak Januari 2016, yang ditandai dengan pembangunan seratus gedung pencakar langit setinggi 35 – 46 lantai secara serentak.

Menurut James Riyadi, untuk membiayai mega proyek Meikarta tersebut, struktur pendanaan yang akan dilakukan pihaknya melalui beberapa opsi, antara lain; penyertaan modal (internal), pinjaman, pre sales, kemitraan, dan berbagai cara lainnya seperti didukung kemitraan investasi dari partners global diantaranya kelompok Mitsubishi, Toyota, Sanko Sofl an yang sudah terlebih dahulu memulai pengembangan awal. “Selama ini kelompok

Lippo selalu memegang 5 prinsip, yaitu visi, keberanian, management, speed dan terakhir keuangan,” ujar Putra dari pendiri Lippo Group, Mochtar Riyadi ini.

James, menuturkan, di dunia saat ini mem bangun kota baru dapat dilakukan dengan dua cara, pertama, membangun kota baru dengan sistem spread out atau melebar dan membangun secara intensif di suatu tempat. Untuk sistem spread out, masih terdapat kekurangan karena membangun infrastrukturnya menjadi jauh lebih mahal.

“Untuk membangun kota dengan bujet yang terbatas maka cara yang terbaik adalah melalui sistem intensif di suatu tempat agar dari satu kawasan menuju kawasan lainnya menjadi lebih mudah,” jelas James.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis).

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me