Hati-Hati Godaan Gaya Hidup Bikin Generasi Milenial Ga Bisa Punya Rumah

Big Banner
Toyota FT 4X (Rumah123/USA Today)

Awal April 2017 lalu, Toyota memperkenalkan mobil konsep crossover FT 4X dalam ajang New York Auto Show di Amerika Serikat. Mobil ini berwarna cerah dengan kombinasi oranye dan putih.

Produsen otomotif asal Jepang ini menyatakan kalau mobil tersebut ditujukan untuk generasi milenial alias mereka yang tergolong muda dan kaum urban yang doyan bertualang.

Baca juga: Hmm, Mau Tau Warna Favoritnya Generasi Milenial?

Toyota memang ingin memperbarui lini produknya dengan mobil crossover terkait perpindahan konsumen dari mobil penumpang. Sebelumnya, perusahaan ini memang dikenal sebagai produsen mobil penumpang.

“Konsumen lebih cenderung berubah untuk menyukai mobil yang lebih kecil, SUV yang bahan bakarnya lebih efisien, kami memulai studi mendalam apa yang diinginkan oleh generasi mendatang mengenai petualangan yang diinginkan terkait kendaran,” ujar President Calty Design Studio, Kevin Hunter seperti dilansir oleh USA Today. Hunter memimpin tim yang mendesain mobil ini di California, Amerika Serikat.

Baca juga: Facebook Bangun 1.500 Hunian, Siapa Generasi Milenial yang Mau Tinggal Di Sini?

Dimensi mobil ini berukuran tinggi 1,6 meter dan panjang 4,2 meter dengan jarak antar roda (wheelbase) mencapai 2,6 meter.

Toyota memang belum melansir berapa harga dan kapan mobil ini akan diproduksi massal. Tetapi, majalah bisnis Forbes memperkirakan kalau mobil ini akan berada di pasar Amerika Serikat pada 2019.

Baca juga: Liburan yang Cocok untuk Generasi Milenial: Menginap Gratis di Sebuah Kabin di Alaska!

Kenapa produsen mobil membidik generasi milenial sebagai captive market? New York Times pernah melansir kalau pasar mobil AS sempat lesu. Pada 2010, generasi milenial yang menjadi 30 persen populasi malah tidak menjadi konsumen kendaraan karena hanya 17 persen dari keseluruhan yang membeli mobil.

Pada 2012, University of Michigan melakukan riset yang menunjukkan kalau menurunnya jumlah anak muda yang mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM). Pada 1983, ada 87 persen anak muda berusia 19 tahun yang memiliki SIM, sementara pada 2010, angkanya merosot menjadi 69 persen.

Baca juga: Cafe dengan Eksterior Tanah Liat? Wah, Cocok Nih Buat Milenial yang Mau Bisnis

Generasi milenial menyatakan mereka terlalu sibuk mendapatkan SIM dan sudah senang kalau bisa menumpang kendaraan teman.

Tidak heran kalau produsen mulai membidik pasar potensial ini. Apalagi di masa depan, generasi milenial ini akan menguasai persentase penduduk dunia.

Baca juga: Pasangan Milenial Ini Punya Penghasilan Rp120 Juta dari Jual Satu Foto Perjalanan!

Nah, bagaimana dengan kamu generasi milenial Indonesia? Pilih beli mobil atau hunian? Kalau melihat mobil konsep Toyota FT 4X ini sih keren ya, tetapi setelah beberapa tahun harga mobil pasti turun lho. Mendingan kamu memanfaatkan transportasi massal atau naik transportasi online yang lebih cepat dan murah.

Sementara kalau harga rumah dijamin merangkak naik. Seberapa sering, kamu mendengar harga rumah malah turun?

Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

Kalau kamu terus menunda membeli hunian maka harganya semakin nggak terjangkau lho. Sementara kenaikan pendapatan kamu belum tentu bisa mengejarnya. Jadi jangan menunda lagi untuk memiliki rumah, yuk mulai berburu rumah dari sekarang.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me