Perencanaan Keuangan Bagi Generasi Milenial itu Penting Banget Loh

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Baru lulus kuliah, terus terjun ke dunia kerja atau baru memulai perusahaan rintisan (start up). Ini generasi milenial banget dong.

Sebagai pekerja baru atau wirausaha anyar, tentunya ketebalan dompet kamu masih belum cukup untuk memiliki hunian. Mungkin untuk membayar uang muka atau down payment (DP) saja belum cukup.

Baca juga: Hanya 17,8 Persen Generasi Milenial Bisa Beli Hunian, Sisanya Masih Ngontrak!

Begitu juga untuk membayar cicilan kredit pemilikan rumah (KPR) pasti belum bisa. Terus gimana dong kalau ada generasi milenial yang pengen punya rumah.

Mereka bisa mencari cicilan KPR yang ringan. Salah satunya diberikan oleh UOB Indonesia yang menawarkan cicilan hingga 360 bulan atau 30 tahun.

Baca juga: Facebook Bangun 1.500 Hunian, Siapa Generasi Milenial yang Mau Tinggal Di Sini?

Bunga yang ditawarkan adalah 6,99 persen untuk lima tahun pertama khususnya untuk perusahaan pengembang yang menjadi rekanan perbankan. Setelah itu, bunga mengikuti JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate).

Mortgage & Secured Loan Head UOB Indonesia, Fredy Soekendro menyatakan cicilan jangka panjang ini memang ditujukan untuk generasi muda. “Ini memang buat milenial karena pendapatan mereka belum besar, jadi kita buat untuk mereka supaya ringan,” ujar Fredy kepada Rumah123.

Baca juga: Hati-Hati Godaan Gaya Hidup Bikin Generasi Milenial Ga Bisa Punya Rumah

Generasi milenial yang baru bekerja memang perlu mendapatkan pemahaman yang baik mengenai pengelolaan keuangan. Mereka harus bisa membagi pendapatan ke beberapa pos pengeluaran mulai dari investasi, pengeluaran rutin, hingga gaya hidup.

“Perencanaan keuangan sangat penting, generasi milenial yang perlu kita bantu untuk mengelola keuangan lebih baik, skala prioritas. Kalau ada kelebihan pendapatan, alokasi harus apa, berapa untuk DP rumah, berapa untuk investasi, dan lain-lain,” katanya lagi.

Baca juga: Bisa Beli Moge, Masa Milenial Ga Bisa Beli Rumah Sih?

Nah, kalau sudah ada cicilan KPR yang nggak bikin dompet kamu makin tipis, seharusnya kamu mulai belajar pengelolaan keuangan lho. Selanjutnya, kamu mulai bersiap untuk membeli rumah. Jangan pernah menunda memiliki hunian lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me