Harga Rumah Seken Udah Naik 30 Persen, Kamu Masih Aja Belum Punya Rumah?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Kalau kamu sudah punya rumah, beruntunglah! Pasalnya, secara pasif pun harga rumah dari tahun ke tahun merangkak naik. Tapi, kalau belum, semoga gak nyesel. Pasalnya, rumah seken aja sekarang naik 30 persen, gimana rumah baru, tambah mahal kan?

Selama semester I-2017, rumah seken mengalami kenaikan harga rumah secara alami sebesar 30 persen setelah turun 10 persen sebelumnya.

“Sudah beberapa tahun harga (rumah) drop, tapi permintaan kan tidak,” ujar Ketua Umum Asosiasi Real Estat Broker Indonesia, Hartono Sarwono, seperti dikutip dari KompasProperti, Rabu (19/7).

Baca juga: Beli Rumah Nunggu Berkeluarga Dulu? Wah, Makin Susah Kebeli Tuh!

Menurutnya, rumah-rumah seken yang mengalami kenaikan harga tersebut umumnya dimiliki oleh investor. Sedangkan mereka yang berniat membeli adalah untuk ditempati. Rumah-rumah seken tetap dilirik karena kebutuhan hunian saat ini masih sangat besar.

“Pasar tetap jalan. Kebutuhan ada, uang untuk beli rumah juga ada karena (pembeli tipe pertama) tidak beli properti untuk investasi (tapi untuk dihuni),” kata Hartono.

Baca juga: Agar Gak Ketipu, Perhatikan Hal-hal Ini Saat Beli Rumah Seken

Meski harganya naik, rumah-rumah seken milik investor tersebut tetap dibeli oleh konsumen atas nama kebutuhan. Penawaran tinggi oleh investor, tetap diterima calon pembeli.

Kenaikan harga, menurut Hartono, terlihat dari penawaran investor yang tidak ditawar lagi oleh konsumen. Sebagai gambaran untuk kondisi saat ini, ada rumah dijual seharga Rp5 miliar. Saat konsumen berminat, tak terjadi penurunan harga. Kalaupun turun, tak seberapa jauh, semisal harga rumah itu menjadi Rp4,5 miliar.

Baca juga: Percaya Gak? Rumah Seken di Jakarta Justru Lebih Dicari!

“Karena lama-lama stok spekulan berkurang kan, ‘dimakan’ kebutuhan asli masyarakat. Sedangkan kebutuhan dari pertumbuhan penduduk dan pasangan menikah, butuh rumah,” kata Hartono.

Jadi, kamu masih mau menunda beli rumah? Nanti harganya semakin gak kekejar lho! 

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me